Iklan dempo dalam berita

Benarkah Pertamax Lebih Irit dari Pertalite? Cek Alasan dan Bedanya di Sini

Benarkah Pertamax Lebih Irit dari Pertalite? Cek Alasan dan Bedanya di Sini

Alasan Pertamax Lebih Irit dari Pertalite--

2. Harga

Bila menilik harganya, Pertalite lebih murah daripada Pertamax, karena kandungan oktannya yang lebih rendah. Harga Pertamax lebih mahal karena kandungan oktannya yang lebih tinggi.

Mengutip laman Pertamina.id, Harga BBM Pertamax di pulau Jawa Rp 14.000 atau naik dibandingkan periode September sebesar Rp 13.300 per liter.

Sementara itu, Pertamax Turbo juga naik menjadi Rp 16.600 per liter dari sebelumnya Rp 15.900 per liter. Berbeda, harga Pertalite yang disubsidi pemerintah masih berada di harga Rp10.000 per liter.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Boneka Barbie yang Dikenal hingga ke Seluruh Dunia

3. Ketersediaan

Perbedaan lain antara Pertalite dan Pertamax adalah ketersediaannya. Pertalite lebih mudah ditemukan daripada Pertamax, karena Pertalite diciptakan khusus untuk menggantikan Premium. Sementara Pertamax hanya tersedia di stasiun pengisian bahan bakar tertentu.

4. Performa Mesin

Berkat oktan yang lebih tinggi, Pertamax dapat meningkatkan kinerja mesin lebih baik daripada Pertalite.

5. Efisiensi Bahan Bakar

Pertalite lebih efisien daripada Pertamax, sehingga mesin menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Akan tetapi tentu pengguna juga harus mengetahui karakter mesin yang dipakai kendaraan bermotor miliknya.

Apabila memang membutuhkan kompresi bahan bakar tinggi, maka menggunakan BBM dengan oktan tinggi ada kemungkinan membuat penggunaan BBM lebih irit.

BACA JUGA:Kecelakaan Kerja Maut Karyawan PT. MSS Diduga Sebab Aturan Pimpinan yang Tidak Manusiawi

6. Penggunaan

Pertamax biasanya dipakai oleh kendaraan yang memerlukan performa mesin lebih tinggi, seperti mobil sport atau kendaraan berukuran besar. Sementara Pertalite lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: