Iklan dempo dalam berita

Biografi Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie yang Populer di Seluruh Dunia

Biografi Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie yang Populer di Seluruh Dunia

Biografi Pencipta Boneka Barbie--

Handler berpikir bahwa menciptakan boneka yang hidup akan sangat membantu bagi anak-anak, tetapi idenya awalnya ditolak.

BACA JUGA:Ini Deretan Orang Indonesia yang Pernah Pecah Rekor Dunia, No 1 Juara All England 7 Kali Berturut-turut

Dia menyampaikan konsep tersebut kepada suaminya dan rekan bisnis Mattel mereka, Harold "Matt" Matterson - namun kedua orang tersebut menganggapnya tidak praktis.

Beberapa tahun kemudian, Handler dan keluarganya pergi ke Swiss untuk berlibur. Selama perjalanan mereka, dia melihat sebuah boneka yang menyentak ingatannya.

Dalam Dream Doll, dia ingat pernah berpikir, "Ini dia, payudara, pinggang yang kecil, kaki yang panjang dan runcing yang saya gambarkan dengan antusias untuk para desainer bertahun-tahun yang lalu."

Handler membeli mainan tersebut dan membawanya kembali ke Amerika, lalu mempresentasikannya kepada timnya. Tak lama setelah itu, prototipe Barbie pertama dibuat.

Ruth Handler merevolusi industri mainan ketika dia menciptakan boneka mainstream dengan proporsi wanita dewasa.

BACA JUGA:Bagaimana Cicilan Kredit Jika Nasabah Bank Meninggal Dunia? Ini Aturan yang Berlaku

Sebelum Barbie hadir, anak-anak perempuan kebanyakan bermain dengan boneka bayi, di mana mereka biasanya membayangkan menjadi sosok ibu.

Pada awal 1950-an, Handler memiliki ide revolusioner bahwa bermain dengan boneka yang dimodelkan sebagai perempuan dewasa akan membantu anak-anak perempuan membayangkan seperti apa mereka kelak saat dewasa.

Boneka Barbie pertama diterima dengan baik dan mendapat predikat sebagai mainan pertama yang diproduksi secara massal di Amerika. Pada tahun pertamanya di pasaran, 300.000 Barbie terjual dengan harga USD 3 per buah.

BACA JUGA:Benarkah Pertamax Lebih Irit dari Pertalite? Cek Alasan dan Bedanya di Sini

Kapan Ruth Handler Menciptakan Ken?

Ken ditambahkan ke dunia Barbie pada tahun 1961. Dia dinamai sesuai nama putra Handler, Kenneth, dan dipasarkan sebagai pacar Barbie.

Berapa Lama Ruth Handler Bekerja di Mattel?

Handler menjabat sebagai presiden Mattel dari tahun 1945 hingga 1975. Selama 30 tahun masa jabatannya, ia berperan penting dalam mendesain Barbie dan mengubah perusahaan ini menjadi fenomena budaya seperti sekarang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: