Iklan dempo dalam berita

Fenomena Jutaan Ikan Menepi di Pesisir Pantai Seluma, Benarkah Pertanda Tsunami?

Fenomena Jutaan Ikan Menepi di Pesisir Pantai Seluma, Benarkah Pertanda Tsunami?

Fenomena Jutaan Ikan Menepi di Pesisir Pantai Seluma--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Fenomena jutaan ikan menepi di pesisir pantai Seluma, benarkah pertanda tsunami?

Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, sempat dilanda fenomena unik. Ikan-ikan di wilayah tersebut terlihat menepi ke daratan.

BACA JUGA:Heboh! 5 Nahdliyin Nekad Temui Presiden Israel Tanpa Mandat, Begini Reaksi PBNU

Tentunya, tidak sedikit masyarakat setempat berbondong-bondong membawa peralatan, seperti ember dan karung untuk menangkap ikan yang banyak terdampar.

Fenomena ini terjadi di pesisir pantai Penago Kecamatan Talo, Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan, Pantai Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, hingga di wilayah pesisir pantai Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM).

BACA JUGA:3 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam! Dijamin Aman bagi Pemula

Hal ini seperti yang diungkapkan Niko warga Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo. Ia bersama warga lainnya berbondong-bondong menangkap ikan jenis Moncos yang terdampar untuk dibawanya pulang, dan sebagian dijual atau di berikan kepada warga lainnya.

"Iya, alhamdulilah berkah ini sudah dua hari terjadi bang, ikan banyak terdampak ke tepi bang, belum tahu fenomena apa ini," ujar Niko.

Lantas, apakah ada hubungannya ikan menepi dengan pertanda bencana? Simak pembahasan berikut.

BACA JUGA:Terbalik, Nelayan Ini Bukannya Menjaring Ikan, Malah Dijaring Polisi Gara-gara Peta Ini

Untuk diketahui, konsumsi ikan tinggi vitamin D membantu memperkuat imunitas, sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Vitamin D memengaruhi banyak fungsi tubuh, termasuk otot, saraf, tulang, dan gigi. Zat ini mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh, yang membantu melindungi dari risiko osteoporosis.

BACA JUGA:Ini Cara Aman Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan, Biar Tidak Mundur

Penjelasan Fenomena Ikan Menepi di Pesisir Pantai

Fenomena seperti ini pernah terjadi di tahun 2019 dan tidak sedikit pula yang mengaitkan bahwa fenomena ikan mendarat ini tanda akan terjadinya tsunami. Hnaya saja, hal itu disangkal oleh KOMINFO.

Kemudian, pada tahun 2022 juga banyak yang mengaitkan dengan hal tersebut, namun lagi-lagi hal itu disangkal oleh para ahli ilmiah. Mereka menyebut bahwa ikan kecil naik ke permukaan laut adalah upaya mereka untuk mempertahankan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: