Iklan dempo dalam berita

Kenapa Indonesia Tidak Mencetak Uang untuk Melunasi Utang? Ini Alasannya

Kenapa Indonesia Tidak Mencetak Uang untuk Melunasi Utang? Ini Alasannya

Alasan Kenapa Indonesia Tidak Mencetak Uang untuk Melunasi Utang--

Menurut Bank Indonesia, struktur ULN Indonesia tetap sehat karena didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Rasio ULN terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) turun menjadi 29,4% dari 29,7% pada bulan sebelumnya, dan didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 86,9% dari total ULN.

Pemerintah dan Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN untuk menjaga struktur ULN tetap sehat, serta mengoptimalkan peran ULN dalam mendukung pembiayaan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Dengan demikian, mencetak uang sebanyak-banyaknya bukanlah solusi yang tepat untuk melunasi utang negara. Sebaliknya, kebijakan yang bijak dan terukur dalam pengelolaan utang serta menjaga stabilitas ekonomi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan utang negara.

Pemerintah perlu fokus pada kebijakan fiskal yang berkelanjutan dan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan utang untuk memastikan perekonomian tetap stabil dan sehat.

BACA JUGA:Cara Beli Paket Data Via BRImo, Bisa Dapat Iphone dan 1 Gram Emas, Catat Tanggalnya

Konsekuensi Ekonomi dari Inflasi Tinggi

Ketika inflasi terjadi, harga barang dan jasa naik dengan cepat, yang menyebabkan penurunan daya beli masyarakat. Ini berarti bahwa uang yang mereka miliki akan memiliki nilai yang lebih rendah, sehingga mereka akan membutuhkan lebih banyak uang untuk membeli barang yang sama.

Inflasi yang tidak terkendali dapat menyebabkan hiperinfasi, di mana harga barang dan jasa naik secara eksponensial, dan mata uang menjadi hampir tidak berharga. Contoh historis dari hiperinfasi termasuk Jerman pada tahun 1920-an dan Zimbabwe pada akhir 2000-an.

Inflasi tinggi juga mempengaruhi tabungan. Ketika inflasi tinggi, nilai riil dari tabungan seseorang akan menurun, yang dapat mengurangi insentif untuk menabung.

BACA JUGA:Tak hanya Michat, Ini 6 Aplikasi yang Sering Digunakan untuk Prostitusi Online, Segera Cek HP Pasangan!

Ini dapat berdampak negatif pada investasi, karena tabungan merupakan salah satu sumber utama dana investasi. Selain itu, inflasi yang tinggi dapat mempengaruhi suku bunga.

Bank sentral mungkin menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi, yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Depresiasi Mata Uang dan Dampaknya

Depresiasi mata uang berarti bahwa nilai tukar mata uang tersebut menurun relatif terhadap mata uang lainnya. Ini dapat terjadi ketika jumlah uang yang beredar meningkat terlalu cepat dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi.

Depresiasi mata uang dapat membuat impor menjadi lebih mahal, yang dapat meningkatkan biaya produksi dan harga barang di dalam negeri. Ini juga dapat menyebabkan defisit perdagangan, karena nilai ekspor relatif terhadap impor menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: