Iklan dempo dalam berita

Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya

Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya

Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dilarang merokok saat di pesawat tapi tetap tersedia asbak di toilet, ternyata ini alasannya.

Sebenarnya, semua maskapai penerbangan di Indonesia sudah membuat aturan tentang larangan merokok di dalam pesawat. Mereka juga menempelkan stiker peringatan di beberapa sudut seperti tolilet, kabin, dan lainnya. Tujuannya untuk mengingatkan penumpang agar menaati aturan tersebut.

BACA JUGA:5 Alasan Penumpang Pesawat Dilarang ke Toilet Saat Take Off dan Mendarat, Bisa Terjebak dalam Toilet

Namun terkadang, penumpang bersikap abai dengan aturannya. Tak heran jika masih sering ditemukan insiden penumpang merokok di dalam pesawat yang tentunya membahayakan penumpang lainnya.

Mengutip laman Lion Air Group, larangan merokok di dalam pesawat sebenarnya dibuat atas dasar Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan Pasal 412 yang berbunyi:

Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan melakukan perbuatan yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 54 huruf a dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500,000,000 (lima ratus juta rupiah).

BACA JUGA:Penumpang Pesawat Dilarang Tutup Tirai Jendela Ketika Take Off dan Landing, Ternyata Ini Alasannya

Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan melakukan perbuatan yang melanggar tata tertib dalam penerbangan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 54 huruf b di pidana dalam penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 100,000,000 (seratus juta rupiah).

Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak

Sejak dulu merokok dilarang dilakukan di pesawat selama puluhan tahun untuk alasan keselamatan. Namun, penumpang banyak yang bingung karena di toilet pesawat tersedia asbak. Sebagian wisatawan menganggap asbak tersebut menjadi daya tarik bagi penumpang untuk merokok.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Bawa Air Tidak Boleh Lebih dari 100ml per Kemasan ke Pesawat, Melanggar Bisa Dipidana

Tapi seorang pramugari maskapai penerbangan Inggris yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa asa alasan penting mengapa maskapai penerbangan masih memiliki asbak. Dia memberikan peringatan keras terhadap siapa pun yang mencoba merokok selama penerbangan.

“Tanda puntung rokok kecil itu dapat dilihat di pintu. Itu bukan menganjurkan merokok, melainkan murni ada untuk pencegahan bahaya keselamatan," ata dia, seperti dilansir Express.co.uk,

"Jika seseorang merokok di dalam pesawat, kami ingin mereka membuangnya karena jika Anda membuangnya di tempat sampah toilet, ada banyak kertas di sana... yang dipakai orang-orang mengeringkan tangan mereka. Akan ada potensi risiko kebakaran yang berbahaya, jadi kita perlu memiliki tempat yang aman untuk membuang puntung rokok," dia menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: