Iklan dempo dalam berita

Malam Lailatul Qadar 2023, Berikut 3 Tanda Menurut Hadist dan 8 Pendapat Ulama

Malam Lailatul Qadar 2023, Berikut 3 Tanda Menurut Hadist dan 8 Pendapat Ulama

Ilustrasi. Ada beberapa pandangan tentang malam lailatul qadar--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMLailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang waktunya dirahasiakan Allah SWT. Orang yang berhasil meraih Lailatul Qadar tentu mendapatkan keutamaan dari malam tersebut.

Al-Qur’an menjelaskan secara khusus tentang lailatul qadar dalam satu surah al-Qadr ayat 1-5. Disebutkan bahwa lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an (dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah) dan malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.

BACA JUGA:Lailatul Qadar, Ini Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadan 2023 dan Doanya

“Barang siapa yang bisa menghidupkan malam itu maka ibadah malam itu lebih bagus daripada Anda ibadah kaya gitu seribu bulan,” kata ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya.

Malam kemuliaan itu ada pada bulan Ramadan. Namun, waktu tepatnya disembunyikan oleh Allah SWT. Tidak lain hikmahnya adalah agar umat Islam berlomba-lomba untuk meraih lailatul qadar.

Banyak umat Islam yang rela beri'tikaf di masjid saat Ramadan demi ingin meraih lailatul qadar. Biasanya masjid-masjid mulai ramai orang yang beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadan.

BACA JUGA:Ini 3 Amalan yang Dianjurkan pada 10 Hari Terakhir Ramadan

Meski terjadinya lailatul qadar dirahasiakan, namun beberapa hadis nabi menjelaskan tentang waktu malam kemuliaan itu. Mengutip NU Online, Rasulullah SAW mengisyaratkan bahwa lailatul qadar terdapat pada sepuluh hari terakhir Ramadan.

 

تَحَرَّوْا ليلة القدر في العشر الأواخر من رمضان 

Artinya: “Carilah Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. ”(Muttafaqun ‘alaihi dari Aisyah radliyallahu ‘anha)

 

BACA JUGA:ASN dan PPPK di Daerah Ini Dilarang Gadaikan SK, Ancamannya Dipecat

Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim diterangkan bahwa pada 10 hari terakhir Ramadhan Rasulullah SAW menghidupkan setiap malamnya dan membangunkan keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: