Iklan dempo dalam berita

Inilah 10 Urutan Negara Paling Korup di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Inilah 10 Urutan Negara Paling Korup di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Inilah 10 Urutan Negara Paling Korup di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Inilah 10 urutan negara paling korup di dunia, apakah indonesia termasuk? Mari simak ulasannya.

Kata korupsi berasal dari bahasa latin corruptio atau corruptus. Corruptio memiliki arti beragam yakni tindakan merusak atau menghancurkan. Corruptio juga diartikan kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.

BACA JUGA:Apa Pengertian dan Fungsi Bank Sentral yang Memegang Peran Perekonomian Negara

Kata corruptio masuk dalam bahasa Inggris menjadi kata corruption atau dalam bahasa Belanda menjadi corruptie. Kata corruptie dalam bahasa Belanda masuk ke dalam perbendaharaan Indonesia menjadi korupsi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Definisi lainnya dari korupsi disampaikan World Bank pada tahun 2000, yaitu “korupsi adalah penyalahgunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi". Definisi World Bank ini menjadi standar internasional dalam merumuskan korupsi.

BACA JUGA:Ini 2 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia Selama Pemerintahan Jokowi, Siapa Saja?

Pengertian korupsi juga disampaikan oleh Asian Development Bank (ADB), yaitu kegiatan yang melibatkan perilaku tidak pantas dan melawan hukum dari pegawai sektor publik dan swasta untuk memperkaya diri sendiri dan orang-orang terdekat mereka. Orang-orang ini, lanjut pengertian ADB, juga membujuk orang lain untuk melakukan hal-hal tersebut dengan menyalahgunakan jabatan.

Lembaga Transparency International yang setiap tahunnya merilis Indeks Persepsi Korupsi (IPK) mendefinisikan korupsi sebagai perbuatan tidak pantas dan melanggar hukum oleh pejabat publik, baik politisi atau pegawai negeri, demi memperkaya diri sendiri atau orang-orang terdekat dengan menyalahgunakan wewenang yang dipercayakan oleh publik. 

BACA JUGA:Begini Cara Pembagian Warisan yang Benar Menurut Islam dan Negara

Sementara Hong Kong Independent Commission Against Corruption (ICAC) menyebutkan bahwa korupsi adalah penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang oleh pejabat publik dengan melakukan pelanggaran hukum terkait tugas mereka, demi mencari keuntungan untuk diri dan pihak ketiga.

10 Urutan Negara Paling Korup di Dunia

Pada Januari 2024 lalu, lembaga Transparency International resmi merilis indeks korupsi tertinggi atau Corruption Perceptions Index (CPI) 2023. Dalam indeks tersebut, terdapat 10 Negara yang memiliki tingkat korupsi paling tinggi. Hal ini dinilai dengan skala 0-100, yang artinya semakin tinggi angkanya menunjukan negara tersebut semakin bersih dari tindakan korupsi.

BACA JUGA:Apa Boleh Wanita Mempunyai 2 Suami Menurut Islam dan Negara? Berikut ini Hukumnya

Sesuai dengan Indeks tersebut, Indonesia menduduki peringkat 65 dengan skor 34, tetapi hal ini tetap menunjukan tingginya kasus korupsi di Indonesia karena rata-rata skor CPI global berada pada angka 43. Lantas, Negara apa saja yang masuk ke dalam 10 skor CPI terendah di dunia? Berikut ini daftarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: