Iklan dempo dalam berita

10 Fakta Menarik Negara Finlandia yang Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Tempat Asal Usul Santa

10 Fakta Menarik Negara Finlandia yang Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Tempat Asal Usul Santa

10 Fakta Menarik Negara Finlandia yang Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Tempat Asal Usul Santa --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Inilah 10 fakta menarik negara Finlandia yang dinobatkan jadi negara paling bahagia di dunia, tempat asal usul Santa Claus.

Finlandia telah menjadi negara paling bahagia di dunia selama enam tahun terakhir, menurut survei global yang berjudul World Happiness Survey. Survei ini mengacu pada sebuah petanyaan evaluasi tangga kehidupan Cantril :

BACA JUGA:Inilah 10 Urutan Negara Paling Korup di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Bayangkanlah sebuah tangga dengan anak tangga yang diberi nomor dari nol di bagian bawah hingga 10 di bagian atas. Bagian atas tangga mewakili kehidupan terbaik bagi kamu dan bagian bawah tangga mewakili kehidupan terburuk bagi kamu. Di anak tangga mana yang menurut kamu secara pribadi kamu merasa berada saat ini?

Finlandia berada di urutan teratas, diikuti oleh Denmark dan Islandia. Alasan mengapa orang Finlandia lebih bahagia dibandingkan negara lain adalah karena sejumlah faktor termasuk ketimpangan pendapatan yang lebih rendah ( terutama perbedaan antara gaji tertinggi dan terendah), dukungan sosial yang tinggi, kebebasan untuk mengambil keputusan, dan tingkat korupsi yang rendah.

BACA JUGA:Ini 2 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia Selama Pemerintahan Jokowi, Siapa Saja?

Ukuran ketimpangan pendapatan yang digunakan di sini adalah koefisien Gini terkait ketimpangan pendapatan, seperti yang dilaporkan oleh OECD. Koefisien Gini adalah angka tertinggi yang tercatat di setiap wilayah pada setiap tahun setelah 2010 hingga tahun terakhir yang datanya tersedia. Grafik ini menunjukkan hubungan yang erat antara kedua ukuran ini. Secara umum, ketika ketimpangan pendapatan lebih besar, uang menjadi lebih penting dan orang-orang menjadi kurang bahagia.

Finlandia juga memiliki atribut lain yang dapat membantu orang merasa lebih bahagia. Finlandia memiliki sistem perawatan kesehatan yang didanai oleh pemerintah dan hanya memiliki sedikit sektor kesehatan swasta. Hal ini jauh lebih efektif dan efisien daripada beberapa alternatif yang digunakan di negara lain. Transportasi umum dapat diandalkan dan terjangkau, serta bandara Helsinki menjadi salah satu bandara dengan peringkat terbaik di Eropa utara.

BACA JUGA:Begini Cara Pembagian Warisan yang Benar Menurut Islam dan Negara

Ada sebuah pepatah Finlandia yang tampaknya relevan di sini: Onnellisuus on se paikka puuttuvaisuuden ja yltäkylläisyyden välillä (Kebahagiaan adalah titik di antara terlalu sedikit dan terlalu banyak).

10 Fakta Menarik Negara Finlandia yang Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Penobatan itu berdasarkan laporan tahunan data survei dari orang-orang di lebih dari 140 negara.

Cuaca di musim dingin dan sinar matahari yang hangat pada musim panas membuat negara Finlandia disukai masyarakatnya.

Survei tersebut meminta setiap peserta untuk menilai kehidupan mereka secara keseluruhan, dengan mempertimbangkan apa yang mereka hargai, kata John Helliwell, profesor ekonomi emeritus di Sekolah Ekonomi Vancouver, Universitas British Columbia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: