Iklan dempo dalam berita

Wow, Ternyata Indonesia Punya 38 Provinsi, Ini Nama Ibukota dan Luas Wilayahnya

Wow, Ternyata Indonesia Punya 38 Provinsi, Ini Nama Ibukota dan Luas Wilayahnya

Indonesia memiliki begitu banyak keindahan alam yang ramai dikunjungi wisatawan manca negara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Informasi penting buat kita. Ternyata jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 38, karena adanya rencana pemekaran provinsi yang dilakukan pemerintah pada tahun 2019. 

BACA JUGA:Kejari Seluma Geledah Kantor BKPSDM Seluma, Ada Apa?

Meskipun sempat menjadi polemik di masyarakat, pemekaran provinsi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut jika dilakukan dengan tepat dan terukur serta memperhatikan kepentingan seluruh pihak yang terlibat.

Jumlah provinsi di Indonesia bertambah pada akhir 2022 lalu. Jumlah provinsi di Indonesia saat ini adalah 38 provinsi. Pada 2022, pemerintah melakukan pemekaran provinsi di Papua menjadi 6 provinsi yang awalnya hanya ada dua provinsi di pulau tersebut yakni Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua saja. 

BACA JUGA:Malam Lailatul Qadar 2023, Berikut 3 Tanda Menurut Hadist dan 8 Pendapat Ulama

Pemekaran provinsi di Papua tersebut membuat jumlah provinsi di Indonesia yang awalnya hanya 34 provinsi menjadi 38 provinsi. 

Pemekaran tersebut yakni pada 11 November 2022 jumlah provinsi di Indonesia adalah 37 provinsi.

Adapun tiga provinsi baru di Indonesia adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Lailatul Qadar, Ini Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadan 2023 dan Doanya BACA JUGA:Lailatul Qadar, Ini Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadan 2023 dan Doanya

Terakhir, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) terkait pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi Undang-undang pada 17 November 2022. Sehingga, provinsi di Indonesia yang termuda adalah Provinsi Papua Barat Daya.

 

Apa saja nama-nama provinsi di Indonesia? 

 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah nama-nama provinsi di Indonesia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: