Iklan dempo dalam berita

Jangan Dianggap Sepele! Ini Ciri Anak yang Mengidap Fatty Liver, Salah Satunya Anak Bertubuh Gemuk

Jangan Dianggap Sepele! Ini Ciri Anak yang Mengidap Fatty Liver, Salah Satunya Anak Bertubuh Gemuk

Ciri Anak yang Mengidap Fatty Liver--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan dianggap sepele! Ini ciri anak yang mengidap fatty liver, salah satunya anak bertubuh gemuk.

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa kebiasaan memberikan hidangan cepat saji kepada anak-anak mereka ternyata membawa dampak buruk terhadap kesehatan. Di Indonesia, stigma bahwa anak gemuk itu lucu masih sangat kuat.

BACA JUGA:Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Gejala Penyakit Fatty Liver dengan Gangguan Lambung

Orang tua cenderung terus memberikan makanan yang disukai anak tanpa mempertimbangkan apakah makanan tersebut sehat atau tidak.

Namun, tidak semua kegemukan itu lucu dan sehat. Anak yang gemuk sering kali identik dengan kondisi kelebihan berat badan atau obesitas, yang merupakan salah satu faktor risiko utama seseorang mengidap diabetes.

Obesitas pada anak merupakan masalah yang semakin meningkat. Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, prevalensi obesitas pada anak-anak terus mengalami peningkatan dalam beberapa dekade terakhir.

Ini bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang risiko kesehatan jangka panjang yang mungkin mereka hadapi, salah satunya adalah fatty liver atau perlemakan hati.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Bekasi Tahun 2024, Bisa Digunakan untuk Rumah Ibadah

Apa Itu Fatty Liver?

Fatty liver adalah kondisi medis di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebihan pada sel-sel hati. Mengutip dari GoodDoctor, fatty liver merupakan masalah kesehatan serius yang bisa menyebabkan inflamasi, kerusakan jaringan hati, hingga gagal hati.

Hati adalah organ vital yang berperan dalam menyaring nutrisi dan racun dari setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita. Kerusakan pada hati dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.
Secara umum, terdapat dua jenis fatty liver: Nonalcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) dan Alcoholic Fatty Liver Disease (AFLD).

NAFLD terjadi pada individu yang tidak memiliki riwayat konsumsi alkohol, sementara AFLD disebabkan oleh kebiasaan konsumsi alkohol.

Dalam konteks anak-anak, NAFLD adalah yang paling relevan karena jarang sekali anak-anak yang mengonsumsi alkohol.

BACA JUGA:Cair Lagi, Berikut Dana Desa di Kabupaten Bandung Tahun 2024, Cek Jumlah Semua Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: