Iklan dempo dalam berita

PIN Polio Wajib untuk Anak Usia 0-7 Tahun, Ini 4 Manfaat Vaksin agar Anak Tidak Mengalami Kelumpuhan

PIN Polio Wajib untuk Anak Usia 0-7 Tahun, Ini 4 Manfaat Vaksin agar Anak Tidak Mengalami Kelumpuhan

Prosedur Vaksin Polio--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - PIN Polio wajib untuk anak usia 0-7 tahun, ini 4 manfaat vaksin agar anak tidak mengalami kelumpuhan.

Penyakit Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Untuk mengatasi penyebaran virus polio ini, Pemerintah melakasanakan PIN polio.

BACA JUGA:Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 Diselenggarakan 2 Tahap, Fungsi Vaksin dan Jadwal di Daerah Sumatera

Pelaksanaan PIN Polio dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan pada 27 Mei 2024 kemarin, sementara PIN tahap 2 dilaksanakan pada 23 Juli 2024.

Vaksin polio adalah suntikan untuk melindungi seseorang dari infeksi virus polio. Vaksin membantu tubuh memproduksi zat pelindung (antibodi) yang akan mencegah seseorang tertular penyakit ini. 

Jenis vaksin yang umum diberikan adalah jenis inactivated poliovirus vaccine (IPV) atau yang mengandung virus tidak aktif. Metode ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih aman untuk didapatkan.

BACA JUGA:Vaksin Gratis untuk Bayi, Ini 5 Jenis Vaksin Terbaru yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. 

Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes dan suntik.

BACA JUGA:Cegah Rabies, Capaian Vaksinasi Rabies Dinas Pertanian Seluma 1.825 Ekor HPR

Tujuan Digelarnya PIN Polio

Pelaksanaan PIN Polio memiliki beberapa tujuan utama, yaitu 

  • Melindungi anak-anak dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan.
  • Mencegah dan menghentikan penyebaran virus polio yaitu memutus rantai penularan. 
  • Meningkatkan kekebalan masyarakat, membuat lebih banyak anak memiliki kekebalan terhadap polio, sehingga virus sulit menyebar ke masyarakat.
  • Menjangkau anak yang belum tervaksinasi, memberikan vaksin polio kepada anak yang mungkin terlewat atau belum mendapatkan imunisasi rutin.
  • Mendukung program bebas polio, meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio dan kesehatan anak.
  • Memperkuat sistem imunisasi melalui cakupan tinggi dan merata dengan target cakupan PIN Polio lebih dari 95 persen.

BACA JUGA:70 Ekor HPR di Desa Kota Agung Seluma Divaksinasi Rabies

Salah satu kota yang sudah memulai PIN Polio hari ini adalah Kota Pekanbaru. Pelaksanaan PIN tersebut akan berlangsung selama sepekan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: