Iklan dempo dalam berita

PIN Polio Wajib untuk Anak Usia 0-7 Tahun, Ini 4 Manfaat Vaksin agar Anak Tidak Mengalami Kelumpuhan

PIN Polio Wajib untuk Anak Usia 0-7 Tahun, Ini 4 Manfaat Vaksin agar Anak Tidak Mengalami Kelumpuhan

Prosedur Vaksin Polio--

Terkait pelaksanaan imunisasi polio tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dr Fira Septiyanti mengatakan, orang tua tidak perlu khawatir jika terjadi efek samping terhadap anak yang baru saja melakukan imunisasi polio.

BACA JUGA:5 Jenis Vaksin yang Ditanggung BPJS Kesehatan Program Imunisasi Dasar untuk Bayi

Menurutnya, ada komplikasi yang biasa terjadi ketika anak melakukan imunisasi polio. "Kalaupun ada komplikasi pasca pemberian imunisasi polio, yang biasa terjadi itu adalah diare atau gangguan saluran cerna. Karena vaksin polio ini imunitasnya dibentuk melalui saluran cerna," ujar dr Fira.

BACA JUGA:Banyak Laporan Gigitan Hewan, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Minta Segera Lakukan Vaksinasi

Lantas, apa saja efek samping imunisasi Polio?

Melansir penjelasan pada laman Liputan6.com, disebutkan terdapat manfaat perlindungan jangka panjang yakni mencegah serangan virus polio jauh lebih besar dibandingkan dengan efek samping yang mungkin muncul saat dilakukan imunisasi.

Siloam Hospital menyebut salah satu efek samping yang umum terjadi setelah imunisasi polio adalah rasa nyeri di bekas suntikan. Ini adalah reaksi normal karena vaksin disuntikkan ke dalam otot untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Apakah Ada Korban Efek Vaksin Astrazeneca di Indonesia? Begini Penjelasan BPOM

Demam ringan juga dapat muncul sebagai respons alami terhadap vaksinasi, dan hal ini sebagian besar bersifat sementara.

Selain itu, pengerasan kulit di sekitar area suntikan juga merupakan efek samping ringan yang dapat terjadi. Reaksi ini umumnya bersifat lokal dan akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Meskipun demikian, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika terdapat reaksi yang tidak biasa atau berkepanjangan.

BACA JUGA:Sebabkan TTS, Vaksin Astrazeneca Resmi Ditarik dari Peredaran

Penting untuk diingat bahwa efek samping ini lebih kecil dibandingkan dengan risiko terkena penyakit polio yang serius. Imunisasi polio berperan penting dalam melindungi individu dan masyarakat dari dampak buruk penyakit ini. 

Sebelum menjalani imunisasi, konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang vaksinasi polio dan potensi efek samping yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:Ini Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Mulai dari yang Umum hingga yang Sangat Jarang Terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: