Iklan dempo dalam berita

Viral! Papan Informasi Museum Adityawarman di Padang Sebut ‘Homo’, TikToker Ungkap Kesalahan Informasi

Viral! Papan Informasi Museum Adityawarman di Padang Sebut ‘Homo’,  TikToker Ungkap Kesalahan Informasi

Kesalahan di papan informasi museum Adityawarman di Padang sebut ‘Homo’--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Viral! papan informasi Museum Adityawarman di Padang sebut ‘homo’,  TikToker ungkap kesalahan informasi, ini klarifikasi pengelola museum.

Sebuah video yang diunggah oleh TikToker dengan akun @anandabhuwana menghebohkan media sosial, khususnya TikTok. 

Video tersebut menunjukkan adanya kesalahan informasi pada papan informasi tentang Homo Sapiens di Museum Adityawarman, Padang, Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Pesona Agrowisata Desa Kelawi, Desa BRILiaN Hijau yang Terus Berinovasi di Bidang Lingkungan

Dalam videonya, Ananda menunjukkan bahwa papan informasi tersebut menerjemahkan kata "Homo" (yang dimaksud informasi soal Homo Sapiens) ke dalam bahasa Inggris sebagai "Gay Men". Hal ini tentu saja keliru dan memicu berbagai komentar dari netizen.

Informasi itu diperparah lantaran terjemahan dari kata Homo Sapiens ke bahasa Inggris menjadi Gay Men. Hingga kini, postingan anandabhuwana sudah disukai 42.8 ribu, dibagikan 5893 kali, dan mendapatkan komentar 955. 

"Gue bukan ahli manusia ya, tapi ini harusnya salah sih, jenis kaum homo. This type of gay men. Di-translate homo ama gay dan sumbernya Wikipedia, ini yang di sekolah dimarahi pakai Wikipedia, ini yang di museum aja make," kata Ananda dikutip dari postingannya.

Dikutip dari postingan akun itu, narasi pengantar pada papan informasi soal Homo Sapiens menyebut bahwa, "Jenis kaum homo yang ini telah memiliki tubuh yang sama dengan manusia sekarang dan juga memiliki sifat seperti manusia sekarang tetapi masih memiliki kehidupan yang sangat sederhana, dan tentunya hidup mengembara (nomaden)." 

Sedangkan dalam bahasa Inggris ditulis dengan kalimat, "This type of gay men who already have a shape similar to the human body now and also has the nature of man now but still has a very simple life, and of course life wandering (nomadic)."

BACA JUGA:Inilah 5 Negara yang Melegalkan Poligami, Mulai dari Arab Saudi hingga Kamerun

Kasi Pelayanan dan Administrasi Museum Adityawarman, Padang, Sumatera Barat, M Devid, menyampaikan permohonan maaf atas adanya kekeliruan terjemahan dalam bahasa Inggris (Gay Men) dan kutipan Wikipedia soal informasi tentang Homo Sapiens yang viral di akun TikToker @anandabhuwana. 

"Sebelumnya kami juga ingin menjelaskan. Kami mohon maaf, baru di sini. Mungkin yang bisa kami jawab, kejadian ini sebenarnya sudah sejak lama. Mungkin sudah terjadi beberapa kali pergantian kepala museum. Jadi memang ini murni kesalahan pada translate," kata Devid, Selasa 23 Juli 2024.

Devid menambahkan, kesalahan narasi pada papan informasi itu terjadi lantaran kemampuan translate Indonesia ke Inggris maupun sebaliknya yang dilakukan pengelola museum dulu masih belum cukup bagus. 

Meski demikian, ia tak ingin menyalahkan pejabat yang berwenang sebelumnya. "Kami tidak menyalahkan pejabat yang berwenang dulu. Kami tidak tahu kapan, pejabatnya siapa. Kemampuan translate Indonesia ke Inggris maupun sebaliknya masih belum cukup bagus. Kami mengucapkan terima kasih saran dan masukan yang ada di media sosial. Ini nanti menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik ke depan," ujar Devid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: