Iklan dempo dalam berita

Sudah Tahu Belum, Limbah Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Ban Kendaraan, Begini Gambaran Prosesnya

Sudah Tahu Belum, Limbah Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Ban Kendaraan, Begini Gambaran Prosesnya

Sudah Tahu Belum, Limbah Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Ban Kendaraan, Begini Gambaran Prosesnya--Foto: ist

Padahal, jumlah tandan kosong yang dapat dihasilkan per tahun dapat mencapai 59 juta ton. Hanya dari tandan kosong mampu menghasilkan sekitar 3 juta ton carbon black. 

BACA JUGA:Petani Sawit Moderen Boleh Simak, Ini Jenis-jenis Mesin Panen Sawit yang Bisa Digunakan di Perkebunan Kelapa S

Tujuan lain dari adanya penelitian ini, yaitu mengembangkan teknologi produksi carbon black dari biomassa kelapa sawit. 

Selain menjadi alternatif dalam pemanfaatan kelapa sawit, tren produksi carbon black juga memiliki masa depan yang cerah karena mendukung net zero emission yang menjadi prioritas global.

Gambaran Proses Produksi Ban

Teknik produksi yang diusulkan akan dilakukan melalui proses gasifikasi tandan kosong guna membentuk syngas dan pyrolysis oil atau tar. 

Syngas ini kemudian akan dijadikan sebagai bahan bakar di proses produksi dan pyrolysis oil akan dijadikan sebagai bahan baku.

Adapun produksi carbon black dari pyrolysis oil ini dianggap baik karena mutu sifat fisika minyak sudah mendekati minyak berat. 

Bahkan, pada riset tahun pertama, kualitas carbon black yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan baku sebagian pabrik ban (N770). 

 

BACA JUGA:Waspada Benih Sawit Ilegal Bisa Menghambat Produksi Kelapa Sawit Unggul, Ini Ciri-ciri Benih Unggul

Sebagai riset lanjutan, akan dikembangkan beberapa riset terkait penyiapan bahan baku produksi pyro syngas dari tandan kosong kelapa sawit, riset pemanenan carbon black, serta riset optimasi produksi di reaktor carbon black menuju kualitas N110. 

Nah itulah informasi seputar limbah sawit ternyata bisa diolah jadi ban kendaraan, dan gambaran proses produksinya.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: