Iklan dempo dalam berita

5 Faktor Penyebab Harga Kopi Mahal, Harga Kopi Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Awal Tahun

5 Faktor Penyebab Harga Kopi Mahal, Harga Kopi Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Awal Tahun

5 Faktor Penyebab Harga Kopi Mahal, Harga Kopi Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Awal Tahun--Foto: ist

4. Peningkatan kualitas

Sudahkah kalian mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun perkebunan kopi? Bercocok tanam kopi bukanlah hal yang main-main karena ini membutuhkan investasi finansial dan temporal yang signifikan.

Sebagai permulaan, petani kopi harus membeli pupuk dan pestisida yang sesuai. Selain itu, mereka juga harus melatih tenaga kerja mereka soal penanaman, pemupukan, penyiangan, hingga pemanenan biji kopi yang selektif.

Tak hanya itu saja, petani juga harus menunggu lebih dari setahun untuk memanen biji kopi. Mereka juga harus mengetahui ketinggian tempat tumbuh, komposisi tanah, dan varietas kopi yang ditanam untuk menghasilkan yang berkualitas.

BACA JUGA:Efektif! Ini Cara Mengendalikan Hama Tanaman Kopi agar Tidak Rugi

5. Penawaran dan permintaan

Masalah penawaran dan permintaan juga dapat memengaruhi harga kopi, lho. Penawaran dan permintaan kopi, seperti komoditas perdagangan lainnya, rentan terhadap pergerakan pasar yang cukup besar.

Saat tren kopi baru muncul dan digemari, permintaan dapat meningkat dalam waktu yang sangat cepat. Selama pasokan bisa memenuhi permintaan, dampak finansial dari tren ini cenderung tidak diperhatikan.

Tetapi dengan tren ini, sebagian besar kedai kopi umumnya akan membuat secangkir kopi dibanderol dengan harga yang begitu tinggi. Ini merupakan momentum bagus bagi penjual untuk mendapatkan keuntungan lebih.

BACA JUGA:Mekar Sempurna, Petani Kopi Lubuk Resam Kembali Buktikan Rafflesia Bisa Dibudidaya

Harga Kopi Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Awal Tahun

Harga kopi diproyeksi masih akan tetap bertahan pada harga tinggi. Menyusul kegagalan panen pada negara penghasil kopi, seperti Vietnam dan Brazil.

Kini merupakan puncak musim panen kopi. Sementara pada bulan Agustus-Desember adalah buah selang, atau buah sisa.

Kondisi itu akan membuat harga kopi bertahan pada harga tinggi. Seperti saat ini, harga kopi dari 65 cenderung naik menjadi 70 ribu per kilogram.

Harga kopi bisa bertahan hingga awal tahun mendatang sehingga petani diharapkan bijak dalam mengelola hasil panen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: