Iklan dempo dalam berita

BMKG Keluarkan Imbauan Siaga Bencana Alam untuk 10 Daerah di Aceh, Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG Keluarkan Imbauan Siaga Bencana Alam untuk 10 Daerah di Aceh, Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG Keluarkan Imbauan Siaga Bencana Alam untuk 10 Daerah di Aceh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - BMKG keluarkan imbauan siaga bencana alam untuk 10 daerah di Aceh, waspada cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh untuk siaga terhadap berbagai potensi bencana hidrometeorologi hingga beberapa hari ke depan, yang dipicu kondisi cuaca ekstrem di provinsi itu.

BACA JUGA:Kocak! Pelaku Kriminal Ini BAB di Dalam Mobil saat Ditangkap, Polisi Auto Ngakak Sambil Tahan Bau

Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Stya Juangga Dirta di Aceh Besar, Senin, mengatakan berdasarkan hasil analisis dan prakiraan angin lapisan 3.000 feet, saat ini wilayah Aceh terdapat potensi daerah belokan dan pertemuan angin di barat-selatan wilayah Aceh.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konventif yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang, serta dapat menyebabkan banjir, tanah longsor dan gelombang laut tinggi,” kata Stya.

Ia menjelaskan kondisi ini juga diperkuat dengan adanya fenomena gelombang rossby equator, yaitu gelombang atmosfer yang membawa masa udara yang bersifat basah dan bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator, umumnya bisa bertahan 7-10 hari di wilayah Indonesia.

Gelombang ini juga mendukung serta memperkuat potensi pertumbuhan awan konventif yang dapat menyebabkan hujan dengan durasi yang cukup lama dan cakupan wilayah yang luas.

“Peringatan ini berlaku untuk 28 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024,” katanya.

BACA JUGA:Letkol Octo Sahat M. Manurung Jabat Komandan Lanal Bengkulu

Siaga Bencana Alam untuk 10 Daerah di Aceh

Adapun 10 daerah yang masuk kategori siaga terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi meliputi:

1. Kabupaten Aceh Jaya

2. Aceh Barat

3. Nagan Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: