Iklan dempo dalam berita

Petani Bermitra di Sumut Wajib Tahu, Berikut 13 Acuan Harga TBS Sawit Berdasarkan Usia Tanaman

Petani Bermitra di Sumut Wajib Tahu, Berikut 13 Acuan Harga TBS Sawit Berdasarkan Usia Tanaman

Acuan penetapan harga TBS kelapa sawit--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Petani bermitra https://rbtv.disway.id/listtag/2571/kelapa-sawitdi Sumut wajib tahu, berikut 13 acuan harga TBS sawit berdasarkan usia tanaman.

Minyak kelapa sawit kerap menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini karena harganya yang terjangkau dan minyak kelapa sawit banyak digunakan menjadi minyak untuk memasak.

BACA JUGA:Viral, Cerita Mahalini Konser Penonton Mendadak Bubar, hanya Dilihat 3 Orang!

Selain itu, minyak kelapa sawit juga kerap digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik, sabun, pasta gigi, lilin, pelumas, dan tinta.

Dari banyaknya kegunaan dan manfaat di atas, menjadikan sawit kian dijadikan sumber mata penghasilan diberbagai wilayah, termasuk Sumatera Utara.

25 Juli lalu harga tandan buah segar (TBS) sawit petani mitra Provinsi Sumatra Utara (Sumut) ditetapkan naik ke level Rp2.994,68 per kilogram (kg).

Kenaikan ini terbilang amat tipis karena harga TBS petani mitra Sumut sempat menyentuh angka Rp3.022,64 pekan kedua Juli, sebelum akhirnya kembali turun pada pekan ketiga ke level Rp2.972,38 per kg.

BACA JUGA:Ketua Pengadilan Negeri Tais Dimutasi Jadi Hakim, Wakilnya Dipromosi Jabat Ketua PN Tais

Analis Pasar Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatra Utara Dewiana mengatakan, penetapan harga TBS petani Sumut mengacu pada harga yang berkembang di Pusat Pemasaran Kelapa Sawit PT Perkebunan Nusantara (PT KPBN), GAPKI, dan harga pasar minyak sawit mentah baik lokal maupun ekspor, serta harga kernel lokal.

Dia menyebut, harga rata-rata CPO lokal dan ekspor saat ini ialah Rp12.735,79, naik sekitar 71 poin dari harga pekan lalu.

"Pekan lalu, rata-rata harga CPO lokal dan ekspor sebesar Rp12.664,87," kata Dewi, Kamis (25/7/2024).

Kenaikan harga juga terpantau dari kernel lokal yang periode ini ditransaksikan di level Rp8.517,24 per kg.

Sedangkan rendemen CPO tertinggi tercatat sebesar 22,34%, dengan faktor indeks kinerja atau (indkes K) 91,48%.

BACA JUGA:Heboh Massa Gelar Aksi Usai Vonis Bebas Ronald Tannur, DPR Murka: Hakim Abaikan Semua Alat Bukti

Berikut 13 acuan harga TBS sawit produksi petani bermitra di Sumut yang berlaku hingga 30 Juli 2024:

1. Usia 3 tahun : Rp2.324,82

2. Usia 4 tahun : Rp2.543,58

3. Usia 5 tahun : Rp2.688,19

4. Usia 6 tahun : Rp2.763,95

5. Usia 7 tahun : Rp2.790,74

6. Usia 8 tahun : Rp2.863,42

7. Usia 9 tahun : Rp2.918,95

8. Usia 10-20 tahun : Rp2.994,68

9. Usia 21 tahun : Rp2.988,09

10. Usia 22 tahun : Rp2.947,31

11. Usia 23 tahun : Rp2.917,02

12. Usia 24 tahun : Rp2.816,82

13. Usia 25 tahun : Rp2.727,11

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG 30-31 Juli 2024, Wilayah Ini Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

Itulah harga sawit di Sumut untuk bulan Juli 2024. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, ada sejumlah manfaat dari kelapa sawit yang penting diketahui.

Manfaat ini merupakan dapat diperoleh dari kelapa sawit yang sudah diolah bagi kehidupan manusia dan juga sekitarnya. berikut ini adalah manfaat dari kelapa sawit :

1. Sebagai minyak goreng

Manfaat kelapa sawit yang pertama adalah sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng. Minyak goreng yang saat ini beredar di pasaran merupakan jenis minyak goreng yang berasal dari hasil olahan kelapa sawit. 

Tidak dapat dipungkiri memang, minyak goreng merupakan salah satu sari sembilan bahan pokok yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu kalangan rumah tangga, restoran, dan juga berbagai industri makanan, seperti pembuatan keripik.

BACA JUGA:Jadi Gaya Hidup, Ini Beberapa Negara dengan Tingkat Konsumsi Kopi Paling Tinggi di Dunia

2. Sebagai campuran bahan bakar biodiesel

Diesel merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki keunggulan, terutama untuk kendaraan niaga dan pertambangan, yang membutuhkan tenaga dalam jumlah torsi yang besar untuk mengangkut hasil kebun, tambang dan juga pendistribusian komoditas antar daerah.

Selain itu, diesel juga sering dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Bahan bakar utama dari diesel dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapa sawit, yang dinilai rama lingkungan, dibandingkan bahan bakar diesel biasa.

3. Sebagai pelumas

Minyak kelapa sawit yang merupakan salah satu hasil olahan dari kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan sebagai pelumas. 

Kebanyakan, pelumas dari minyak kelapa sawit ini digunakan untuk melumasi bagian luar dari mesin dan juga perangkat lainnya. Bahkan ada beberapa jenis mesin 2 tak, menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli sampingnya.

BACA JUGA:Setiap Negara Punya Cara Unik Saat Menikmati Kopi, Bisa Kamu Tiru di Rumah

4. Bahan pembuatan mentega

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Ya, mentega merupakan bahan yang sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk menumis hingga membuat kue. Salah satu bahan utama dar pembuatan mentega adalah minyak kelapa sawit

5. Bahan pembuatan pomade

Saat ini, pomade merupkan salah satu bahan kosmetik yang banyak digunakan, karena sesuai dengan tren gaya rambut. Siapa sangka, ternyata pomade juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari manfaat kelapa sawit yang dibuat menjadi minyak.

6. Bahan pembuatan lotion dan juga cream kulit

Selain pomade, berbagai macam krim dan juga lotion yang biasa kita gunakan pada kulit kita juga terbuat dari bahan baku utama minyak kelapa sawit, yang diformulasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan berupa serum dan juga vitamin – vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kita.

BACA JUGA:Jadi Gaya Hidup, Ini Beberapa Negara dengan Tingkat Konsumsi Kopi Paling Tinggi di Dunia

7. Sebagai makanan hewan

Manfaat kelapa dalam kehidupan sehari-hari juga berguna pada bagian ampasnya Ampas dari kelapa sawit sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan pada hewan ternak. Selain itu, buah kelapa sawit juga menjadi santapan lezat bagi hewan – hewan liar, seperti babi hutan.

8. Sebagai bahan baku dalam industri baja

Kelapa sawit juga bermanfaat sebagai bahan baku pada industri baja. Dalam industri baja, minyak kelapa sawit digunakan untuk memberikan lapisan pada baja dan besi agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan juga korosi.

(Tim Liputan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: