Iklan dempo dalam berita

Cara Memilih Jenis Pelatihan Prakerja 2024, Pahami Tipsnya agar Tidak Salah

Cara Memilih Jenis Pelatihan Prakerja 2024, Pahami Tipsnya agar Tidak Salah

Cara Memilih Jenis Pelatihan Prakerja 2024--

Pelatihan jenis live webinar dilaksanakan pada jadwal yang sudah disepakati, biasanya melalui aplikasi Zoom atau sejenisnya. Dalam live webinar, pelatih akan menjelaskan materi pelatihan secara langsung. Peserta memiliki kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, bahkan praktik langsung materi yang diajarkan.

Pelatihan ini sangat cocok untuk mereka yang dapat meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan namun terkendala untuk menjangkau lokasi pelatihan yang jauh.

Untuk mengikuti pelatihan live webinar, pastikan Anda membaca persyaratan dari pelatihan tersebut. Beberapa pelatihan mensyaratkan penggunaan laptop atau peralatan tertentu, namun ada juga pelatihan yang dapat diikuti dari handphone.

BACA JUGA:Mulai Berbayar per Hari Ini, Segini Tarif Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B

2. Pembelajaran Mandiri (Daring)

Jenis pelatihan ini memungkinkan peserta untuk belajar secara mandiri melalui video. Sistem ini juga pernah diterapkan pada program Kartu Prakerja sebelum tahun 2020 hingga 2022.

Dalam pembelajaran mandiri, peserta tidak perlu mengikuti pertemuan tatap muka dengan pelatih. Peserta dapat mempelajari keterampilan dengan menonton rangkaian video yang menampilkan materi dari pelatih.

Pelatihan ini cocok bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengikuti pelatihan. Meskipun dijalankan secara daring dan boleh diikuti kapan saja, peserta tetap harus fokus dan serius.

Dalam pelatihan ini, peserta juga dituntut untuk mengisi kuis dan mengerjakan tugas.

Untuk mengikuti pembelajaran mandiri, cukup siapkan handphone atau laptop yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau web pelatihan dan menonton video.

BACA JUGA:Perbedaan Nopol Kendaraan Beli Cash dan Kredit, Begini Cara Melihatnya

3. Pelatihan Luring (Offline)

Pelatihan ini dilakukan secara tatap muka, memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar langsung dari pelatih dan berinteraksi dengan peserta lainnya.

Dalam pelatihan luring, peserta bisa menyimak materi dari pelatih secara langsung. Tidak hanya mendapatkan ilmu, peserta juga bisa praktik langsung dan bertemu dengan teman-teman seperjuangan.

Pelatihan ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 hari dan menekankan pada praktik keterampilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: