Iklan dempo dalam berita

Update Harga Kopi Hari Ini di Jawa, Harga Melonjak Petani Sejahtera

Update Harga Kopi Hari Ini di Jawa, Harga Melonjak Petani Sejahtera

Update Harga Kopi Hari Ini di Jawa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Update harga kopi hari ini di jawa, harga melonjak petani sejahtera.

Untuk harga kopi disetiap daerah Jawa berbeda-beda, termasuk di daerah Jawa Tengah.

Salah satu petani tanaman kopi di kawasan Pegunungan Muria baik di Kabupaten Pati maupun Kudus dan sekitarnya menikmati keuntungan dari kenaikan harga jual biji kopi di pasaran. Sehingga mereka berlomba-lomba memanen untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG Senin 5 Agustus 2024 di Wilayah Jawa, Waspada Potensi Hujan Disertai Petir

Petani kopi asal Desa Klakahkasihan, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa TengahJoko Prasetya mengatakan bahwa, pada hari Sabtu mengakui bahwa harga jual biji kopi kering melonjak menjadi Rp75.000 per kilogram dari harga jual sebelumnya berkisar Rp30.000-an per kg.

BACA JUGA:Cara Cek Skor Kredit Secara Online Melalui SLIK OJK, Mudah dan Praktis

Dilansir rri.co,id, saat ini harga jual kopi Robusta di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan lebih 300 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Salah seorang petani kopi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, mengatakan harga jual kopi sangat ditentukan oleh kualitas kopi itu sendiri.

Jika kopi petik campur (hijau dan merah) harganya hanya Rp 73.000 per kilogram, namun jika petiknya sudah merah semua, maka harga bisa di atas Rp 80.000 per kilogram.

“Harga jual kopi Robusta kering saat ini berkisar antara Rp 73.000 hingga Rp 85.000 per kilogram. Jika dibandingkan dengan harga jual kopi di tahun 2021-2022 lalu hanya berkisar Rp 22.500 hingga Rp 27.500 per kilogram,” kata Sarwadi, petani kopi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Minggu (4/8/2024).

Menurutnya, untuk menjaga kualitas kopi para petani di Desa Muncar tetap mempertahankan kopi petik merah. Namun, dengan mempertahankan petik merah dihantui dengan ancaman pencurian kopi.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi pencurian tersebut, para petani secara bergiliran menjaga kebun-kebun kopi tersebut terutama di malam hari.

BACA JUGA:Cara Cek Skor Kredit Secara Online Melalui SLIK OJK, Mudah dan Praktis

Menurut Petani Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: