Iklan dempo dalam berita

Daftar Wilayah yang Bakal Diguyur Hujan Bulan Agustus, Dampak dari Fenomena La Nina

Daftar Wilayah yang Bakal Diguyur Hujan Bulan Agustus, Dampak dari Fenomena La Nina

Daerah yang berpotensi hujan bulan Agustus--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar wilayah yang bakal diguyur hujan bulan Agustus, dampak dari fenomena La Nina.

Fenomena La Nina diprediksikan bakal terjadi di Indonesia mulai bulan ini. Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

"La Nina cenderung terjadi pada Agustus-Oktober (kemungkinan 70 persen) dan terus berlanjut," kata Lembaga Kelautan dan Atmosfer AS (NOAA) dalam CNBC Indonesia.

BACA JUGA:Miris! Kisah Mbah Sarno, Veteran Trikora Hidup Sebatang Kara di Rumah Bekas Kandang Ayam, Sentuh Hati Jokowi

Sementara itu lembaga meteorologi nasional, BMKG, mengungkap potensi kemarau basah tahun ini akibat kemunculan La Nina. Kendati demikian, BMKG belum bisa memastikan jika fenomena hujan tinggi itu.

"Kita belum menyimpulkan seperti itu (La Nina). Ada kecenderungan La Nina, meskipun lemah akan terjadi. Tapi itu bisa meleset karena datanya masih kurang, tapi ada tren ke sana," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

"Jadi kalau seandainya iya, berarti menjadi basah," tambahnya.

BACA JUGA:10 Cara Investasi Properti yang Tepat untuk Pemula, Dijamin Aman dan Untung!

Daftar Daerah Potensi Hujan

Meski belum bisa dipastikan La Nina, BMKG mengungkap bahwa sejumlah wilayah di Indonesia masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga sangat tinggi, Di mana saja? Berikut daftarnya:

Curah hujan rendah (0-100 mm)

Sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, sebagian kecil Jambi, sebagian kecil Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Selatan, mayoritas Sulawesi Tenggara, sebagian kecil Sulawesi Utara, sebagian kecil Papua Selatan.

Curah hujan menengah (100-300 mm)

Sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian besar Jambi, sebagian besar Bengkulu, sebagian kecil Banten, sebagian kecil Jakarta;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: