Iklan dempo dalam berita

Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha, Penyaluran Kredit Tembus Rp 622,3 Triliun

Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha, Penyaluran Kredit Tembus Rp 622,3 Triliun

Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – Ekosistem Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI, Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) secara konsisten terus melakukan pemberdayaan pelaku UMKM di Indonesia.

Bahkan, hingga akhir Triwulan II 2024 tercatat ekosistem UMi berhasil menyalurkan pinjaman kepada 36,1 juta debitur dengan portofolio pinjaman yang disalurkan mencapai Rp 622,3 triliun atau tumbuh 7,7% secara year on year.

BACA JUGA:Bangladesh Rusuh, Ini Pemicu Kerusuhan yang Timbulkan 300 Lebih Korban Jiwa

Kemudian, apabila dirinci dari total Rp622,3 triliun tersebut Rp496,2 triliun di antaranya disalurkan melalui kredit mikro BRI, Rp77 triliun disalurkan oleh Pegadaian dan sisanya senilai Rp49,2 triliun disalurkan PNM.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa kunci pertumbuhan ekosistem UMi tak lepas dari penyaluran kredit yang selektif (selective growth).


Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha--

“BRI juga akan memperkuat positioning bisnis mikronya dengan pendekatan ecosystem centric dan strategi “Pemberdayaan Berada di Depan Pembiayaan,” ujar Supari.

BACA JUGA:Waspada Wabah Cacar Monyet Mpox, Kenali Gejala Awal dan Risiko Penularannya

Lebih lanjut, Supari juga menambahkan BRI akan fokus pada penguasaan micropayment dengan pembentukan ekosistem berbasis pemberdayaan.

“Sehingga selain meningkatkan penghimpunan simpanan masyarakat, diharapkan turut mampu meningkatkan kedalaman inklusi keuangan yang berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA:Ada Tol Bengkulu-Lampung, Ini Daerah yang Bakal Dilintasi Tol Bengkulu-Lampung

Seperti diketahui, sebelumnya pada Selasa (30/7), Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong kinerja bisnis penyaluran pembiayaan ultra mikro meski di tengah kondisi ekonomi global tidak stabil dan daya beli masyarakat melemah.


Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha--

Erick Thohir mengingatkan peran penting UMKM dalam stabilisasi ekonomi saat krisis ekonomi 1998.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: