Iklan dempo dalam berita

Peringatan HUT ke-79 RI Perdana Dilaksanakan di IKN dan Istana Merdeka di Jakarta, Cek Rangkaian Kegiatannya

Peringatan HUT ke-79 RI Perdana Dilaksanakan di IKN dan Istana Merdeka di Jakarta, Cek Rangkaian Kegiatannya

Peringatan HUT ke-79 RI Perdana di IKN dan Istana Negara--ist

Detail Rangkaian Acara di IKN dan Istana Merdeka

Peringatan HUT RI di IKN diawali dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa pada tengah malam, tepat pukul 00.00 WITA. 

Acara ini merupakan simbol penghormatan kepada para pahlawan bangsa yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. 

Pagi harinya, mulai pukul 09.15 WITA, pertunjukan kesenian digelar di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, menampilkan budaya dan seni dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada pukul 10.15 WITA, kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi dilakukan di sekitar Istana Negara IKN, sebagai penghormatan kepada perjuangan bangsa. 

Kemudian, upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung tepat pukul 11.00 WITA. 

Sore harinya, setelah berbagai acara kesenian yang dimulai pada pukul 15.45 WITA, upacara penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WITA, menutup rangkaian peringatan di IKN dengan penuh hikmat.

BACA JUGA:Serbu! Ini 10 Deretan Promo Makanan Spesial 17 Agustus, Nikmati Diskonnya

Sementara itu, di Jakarta, peringatan dimulai dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata pada pukul 00.00 WIB. 

Acara ini juga merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa. Pada pagi hari, pukul 08.15 WIB, pertunjukan kesenian digelar di halaman Istana Merdeka, menampilkan beragam kebudayaan Indonesia yang kaya dan beragam.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, diikuti oleh upacara penurunan bendera pada sore hari pukul 17.00 WIB. Selain itu, berbagai pertunjukan kesenian juga akan mewarnai peringatan di Istana Merdeka pada pukul 14.45 WIB.

Daftar Tamu Undangan di IKN dan Jakarta

Upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta dihadiri oleh berbagai tamu undangan penting. Di IKN, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, beserta mantan Presiden, Presiden terpilih Prabowo Subianto, pimpinan lembaga negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, serta tokoh-tokoh agama, masyarakat, dan budaya akan hadir. 

Selain itu, masyarakat umum di sekitar IKN, terutama dari Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara, juga diundang untuk turut serta dalam upacara ini. Total tamu undangan di IKN diperkirakan mencapai seribu orang pada setiap sesi upacara, baik pagi maupun sore.

Di Jakarta, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir di upacara yang diadakan di halaman Istana Merdeka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: