Iklan dempo dalam berita

Perhatikan, Cara Perawatan Ban dan Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Perhatikan, Cara Perawatan Ban dan Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Kenali tanda ban harus segera diganti--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Jika ban mobil sudah mulai gundul, pasti lah pemiliknya mulai putar otak. Alasan utamanya, butuh dana yang tidak sedikit untuk mengganti ban.

Saat ini harga ban mobil berkisar Rp 470 ribu hingga Rp 2,2 juta. Tentu saja ada jenis ban-ban tertentu yang harganya lebih mahal.

BACA JUGA:Kenali Kode Penting pada Ban Mobil, Demi Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Ban memang komponen yang sangat penting pada kendaraan. Selain menentukan keselamatan, ban juga berperan penting untuk keselamatan berkendara. Karenanya perlu diperhatikan ciri ban sudah harus diganti. Tidak hanya itu, agar lebih awet ban-ban juga perlu dirawat.

 

Ciri Ban Mobil Harus Diganti

1. Umur ban mobil sudah 3 tahun

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet dari ban mobil akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet ban digunakan akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Karena banyaknya aktivitas kendaraan, sehingga usia ban mobil menjadi lebih singkat.

Umur ban mobil yang ideal adalah 3 tahun, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Penggantian ban menjadi hal penting supaya Anda merasa aman dan nyaman selama berkendara.

Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena dinding ban sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

 

2. Jarak tempuh sudah 40.000 Km

Walau belum sampai 3 tahun usia pakai, ban mobil juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh pemakaian sudah mencapai jarak 40.000 Km. 

Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan. Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15.000-20.000 Km per tahun, sehingga 40.000 Km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: