Iklan dempo dalam berita

Bocoran Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2024 dan Pembahasannya

Bocoran Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2024 dan Pembahasannya

Bocoran contoh soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2024--

Pada tes TKP, setiap jawaban memiliki bobot nilai yang berbeda. Nilai tertinggi adalah 5 poin, sedangkan nilai terendah adalah 1 poin. 

BACA JUGA:Penerimaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup, Ini Formasi Jabatan yang Dicari

Jawaban yang tidak diisi atau kosong akan mendapatkan 0 poin. Penilaian dalam TKP dirancang sedemikian rupa sehingga setiap jawaban yang kamu pilih mencerminkan seberapa baik kamu dapat menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang diinginkan oleh instansi atau perusahaan.

Materi dalam soal TKP mencakup berbagai aspek, seperti penguasaan pengetahuan tentang pelayanan publik, kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai sosial budaya, jejaring kerja, penggunaan teknologi informasi, sikap anti radikalisme, hingga profesionalisme. Setiap tahun, nilai ambang batas untuk TKP bisa berbeda. 

Sebagai contoh, pada tahun 2023, nilai ambang batas TKP ditetapkan sebesar 166 poin. Artinya, untuk lolos dari tahap ini, kamu harus mencapai nilai minimal tersebut.

BACA JUGA:CPNS LKPP 2024 Resmi Dibuka! Ini Rincian Formasi dan Kategori Pelamarnya

Contoh Soal TKP CPNS Beserta Jawabannya

Agar kamu lebih siap menghadapi tes ini, berikut beberapa contoh soal TKP beserta skornya. Perlu diingat, setiap soal didesain untuk menilai berbagai aspek dari kepribadianmu, dan jawaban yang paling sesuai biasanya mendapatkan nilai tertinggi.

1. Jika suatu rencana kerja terlihat rumit, maka…

- A. Saya tak mau repot-repot mencobanya (Skor: 1)

- B. Saya khawatir jika mencobanya dan gagal (Skor: 2)

- C. Saya berani mencobanya setelah mempertimbangkan risikonya (Skor: 4)

- D. Saya minta pendapat istri yang penting saya coba dulu (Skor: 3)

- E. Yang penting saya coba dulu (Skor: 5)

Penjelasan: Pilihan E mendapat skor tertinggi karena menunjukkan sikap proaktif dan keberanian untuk mencoba hal baru tanpa takut gagal, yang merupakan karakteristik yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: