Iklan RBTV Dalam Berita

Jangan Salah, Lakukan Cara Memupuk Kelapa Sawit Seperti Ini agar Hasilnya Maksimal

Jangan Salah, Lakukan Cara Memupuk Kelapa Sawit Seperti Ini agar Hasilnya Maksimal

Ada beberapa tips agar pemupukan kelapa sawit maksimal--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Pupuk adalah komponen penting bagi tanaman kelapa sawit. Pupuk sangat menentukan buah serta kualitas buah yang dihasilkan.

Walaupun sepertinya pekerjaan memberikan pupuk pada tanaman adalah hal yang mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara memberikan pupuk pada tanaman kelapa sawit sehingga hasilnya memuaskan:

1. Memberikan pupuk yang tepat sesuai umur pohon. Untuk pohon yang berumur 0-3 tahun, pupuk yang digunakan adalah pupuk urea dengan takaran dosis 0.4-0.4 per tanaman dengan frekuensi pemberian pupuk 2 kali dalam setahun. 

BACA JUGA:Ayo Cek Rekening Bank, BPNT Tahap Kedua Sudah Dicair

Untuk tanaman yang berumur di ats 3 tahun pupuk yang digunakan adalah pupuk Urea dengan dosis 2-2.5 kg untuk setiap tanaman dengan frekuensi pemberian 2 kali dalam setahun.

2. Perhatikan penyebarannya. Pupuk yang mengandung natrium, jarak sebarnya yang paling adalah sejauh 50 cm dari pokok hingga bagian luar piringan. Sedangkan untuk pupuk yang mengandung fosfor, kalium dan magnesium disarankan untuk disebarkan dengan jarak 1-3 meter dari pokok hingga menyeluruh. 

Pemilihan tempat penyebaran yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil tanaman. Jika disebarkan terlalu dekat atau di tempat yang tidak seharusnya pupuk justru akan merusak tanaman sawit Anda. 

Oleh karena itulah pertimbangan jarak sebar pupuk benar-benar harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Guru Sertifikasi Ketiban Rezeki Nomplok, 2 Tunjangan Cair Sekaligus, Apa Saja?

3. Bersihkan dahulu piringan sawitnya. Piringan sawit ini adalah area bulatan yang terletak di sekeliling pohon sawit. Membersihkan bulatan ini berguna untuk membersihkan hama dan gulma yang akan menghambat proses pemupukan. 

Selain itu jika ada tanaman lain dan alang-alang yang ada di sekitar tanaman sawit juga harus dibersihkan agar juga tak mengganggu proses pemupukan yang berlangsung.

4. Selanjutnya, cara memupuk sawit yang baik Anda harus memperhatikan tempat menaburkan pupuknya. Jangan pernah menyebarkan pupuk pada tempat yang tidak seharusnya seperti pada pangkal atau di jalanan. 

Hal ini akan mempengaruhi hasil pemupukan. Bisa-bisa yang terjadi justru tanaman hama yang akan tumbuh subur. Tempat yang sebaiknya disebari pupuk adalah tepat pada kepalan sawit yang mempunyai paling banyak akar rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: