Iklan dempo dalam berita

Zakat Fitrah Mulai Disalurkan, Berikut 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

Zakat Fitrah Mulai Disalurkan, Berikut 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

Ada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Menjelang berakhirnya bulan ramadhan, umat muslim telah menunaikan ibadah membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah wajib bagi seorang muslim yang memiliki kemampuan secara ekonomi. Setelah seluruh zakat terkumpul, selanjutnya akan dibagikan kepada orang yang berhak menerimanya. 

Orang yang menerima zakat fitrah ini disebut mustahik, sedangkan orang yang mengeluarkan zakat disebut muzakki. Ada 8 kelompok orang yang ditetapkan sebagai penerima zakat, mereka ini adalah:

 

BACA JUGA:Kebakaran di Eks Kantor PMI, Asal Api Tidak Mungkin dari Korsleting Listrik

Fakir

Kelompok fakir dan miskin sebagai mustahik adalah warga muslim yang harus diutamakan dalam hal penerimaan zakat. Penyaluran dana zakat kepada fakir miskin macamnya ada dua, yaitu untuk tujuan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk memberikan kemampuan berwirausaha.

Secara istilah fakir adalah seseorang yang tidak dapat mencukupi setengah dari kebutuhan pokoknya dan tanggungannya (istri dan anak), seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

 

BACA JUGA:Diresmikan Gubernur Bengkulu, Musala Bayt Alqalam Dibangun dengan Doa dan Harapan

Miskin

Miskin adalah seseorang yang hanya dapat memenuhi setengah atau lebih kebutuhan pokoknya dan tanggungannya. Namun tidak dapat mencukupi seluruh kebutuhannya.

 

Riqab (Hamba Sahaya) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: