Iklan dempo dalam berita

Pertamax Green 92 Bakal Pengganti BBM Jenis Pertalite Karena Disebut Sudah Tidak Layak Pakai

Pertamax Green 92 Bakal Pengganti BBM Jenis Pertalite Karena Disebut Sudah Tidak Layak Pakai

Pertamax Green 92 Bakal Pengganti BBM Jenis Pertalite Karena Disebut Sudah Tidak Layak Pakai--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pertamax green 92 bakal pengganti BBM jenis pertalite karena disebut sudah tidak layak pakai.

Pertalite, BBM subsidi mesin kendaraan bensin, merupakan salah satu jenis bahan bakar yang menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

Namun, seiring dengan rencana pemerintah untuk membatasi penggunaan BBM subsidi yakni Pertalite, belakangan menjadi sorotan utama dalam beleid pemerintah terbaru ini.

BACA JUGA:Pembelian Dibatasi, Motor Jenis Ini Tak Bisa Pakai BBM Pertalite, Kendaraanmu Termasuk?

Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi sedang mempertimbangkan langkah pembatasan pembelian BBM subsidi, yakni Pertalite. Rencana ini masih dalam tahap sosialisasi dan belum ada keputusan resmi yang diambil.

Jokowi mengungkapkan bahwa pembatasan ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara, khususnya di Jakarta, serta untuk meningkatkan efisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Yang pertama ini berkaitan nanti ini utamanya di Jakarta dengan polusi, yang kedua kita juga ingin agar ada efisiensi di APBN kita, terutama untuk yang 2025," kata Jokowi memberi keterangan pers usai meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, 28 Agustus 2024.

BACA JUGA:Lengkap, Ini Daftar Mobil Toyota yang Dilarang Pakai Pertalite per 1 Oktober

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia, menjelaskan bahwa pembatasan Pertalite akan diatur melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM, menggantikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014.

Rencananya, kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Oktober 2024, setelah proses sosialisasi selesai dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan subsidi tepat sasaran dan menghindari penyalahgunaan oleh masyarakat yang mampu.

Di samping itu, pertalite telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna kendaraan di Indonesia, bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi juga karena spesifikasinya yang menawarkan performa lebih baik dibandingkan bahan bakar lainnya seperti Premium. Berikut ini adalah spesifikasi dari BBM jenis Pertalite.

BACA JUGA:Pembelian BBM Dibatasi, Ini Daftar Motor Honda yang Tidak Boleh Pakai Pertalite

Pertamax Green 92 Bakal Pengganti BBM Jenis Pertalite

Pertalite akan dihapus karena tidak layak pakai. Wacana akan dibatasi bahkan dihapusnya bensin Pertalite sudah sejak tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: