Iklan dempo dalam berita

Informasi Lengkap Gerhana Matahari Besok 20 April 2023, Waktu dan Kota untuk Menyaksikan serta Cara Salat

Informasi Lengkap Gerhana Matahari Besok 20 April 2023, Waktu dan Kota untuk Menyaksikan serta Cara Salat

Gerhana Matahari hibrida bisa disaksikan masyarakat di sejumlah tempat--

BACA JUGA:PKH Tahap Kedua Diperkirakan Cair Tanggal Segini, BPNT Masih Proses Penyaluran

1. Menggunakan alat bantu teleskop dan kacamata gerhana

 

Cara mengamati gerhana Matahari 2023 yang pertama adalah menggunakan alat bantu, misalnya teleskop atau kacamata gerhana. Namun khusus teleskop, harus terlebih dahulu dilapisi filter Matahari minimal ND4.

Sementara kacamata gerhana, paling tidak harus dilapisi ND5. “Untuk kacamata gerhana bisa digunakan oleh mata langsung atau menaruhnya di belakang kamera ponsel untuk melindungi lensa kamera agar tidak cepat rusak,” jelas Andi.

Andi melanjutkan, sinar Matahari yang masuk melalui lensa baik bola mata, teleskop, maupun kamera tidak berfilter akan langsung dipusatkan. Imbasnya, bola mata atau lensa kamera pun dapat rusak terkena sinar Matahari.

 

2. Menggunakan alat sederhana

 

Cara selanjutnya, yakni melihat gerhana tanpa menggunakan alat bantu optik, tetapi memanfaatkan benda-benda cukup murah. Misalnya, menurut Andi, membuat kamera lubang jarum atau pinhole camera menggunakan kardus bekas yang dilubangi dan ditutup dengan aluminium foil, serta dilubangi sedikit. 

“Barulah di bagian sisi kotak lain dibuat lubang untuk melihat bayangan yang jatuh,” kata dia.

Apabila tidak sempat membuatnya, bisa juga memanfaatkan alat dapur dengan banyak lubang seperti saringan, maupun celah daun-daun yang rimbun. “Tidak disarankan mengamati gerhana melalui pantulan bayangan air maupun menggunakan kacamata las. Itu juga akan merusak lensa mata kita," tandasnya.

 

Tata Cara Salat Gerhana Matahari 20 April 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: