Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi, Penting Diperhatikan

Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi, Penting Diperhatikan

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi--

5. Lindungi Diri dari Reruntuhan

Jika kamu berada di dalam gedung yang tinggi dan tidak bisa segera keluar, lindungi diri dari kemungkinan reruntuhan. Berlindunglah di bawah meja yang kuat atau di sudut ruangan yang jauh dari jendela, lemari, atau barang-barang yang berpotensi jatuh.

Jika kamu sedang memasak, segera matikan kompor dan keluar dari rumah untuk mencegah risiko kebakaran.

6. Tindakan di Area Terbuka

Jika gempa bumi terjadi saat kamu berada di luar ruangan, menjauhlah dari bangunan, tiang listrik, pohon, papan reklame, atau benda-benda lain yang dapat rubuh akibat goncangan.

Lindungi kepala menggunakan benda apa pun yang tersedia. Perhatikan juga tanah di bawah kaki; jika ada retakan, segera cari pijakan yang aman.

BACA JUGA:Duh, Gaji Karyawan Swasta Bakal Dipotong Lagi Buat Program Pensiun

7. Tindakan saat di Dalam Mobil

Ketika terjadi gempa bumi dan kamu sedang mengemudikan mobil, segera berhenti di bahu jalan dengan hati-hati. Setelah itu, turun dari mobil dan jauhi kendaraan tersebut. Carilah tempat yang aman untuk berlindung hingga gempa berhenti.

8. Tindakan di Pantai

Jika kamu berada di pantai ketika gempa terjadi, segera menjauh dari bibir pantai dan cari tempat yang lebih tinggi. Gempa bumi bisa memicu tsunami, jadi waspadalah terhadap kemungkinan gelombang tsunami dan bergeraklah ke tempat yang lebih aman.

BACA JUGA:Lecehkan Pasien Wanita, Dokter Gadungan di Klinik Ini Jadi Tersangka

9. Tindakan saat di Pegunungan

Jika gempa bumi terjadi saat kamu berada di daerah pegunungan, hindarilah area yang berpotensi longsor dan jauhkan diri dari pohon-pohon tinggi yang dapat roboh. Carilah tempat yang aman di wilayah terbuka dan hindari tempat-tempat yang bisa menyebabkan bahaya lebih lanjut.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan kita dapat meminimalisir risiko cedera dan kerusakan saat terjadi gempa bumi.

Kesadaran dan kewaspadaan yang tinggi merupakan kunci untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dalam situasi darurat seperti gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: