Iklan dempo dalam berita

Apa Itu Apoteker Industri? Segini Gaji yang Diterimanya per Bulan

Apa Itu Apoteker Industri? Segini Gaji yang Diterimanya per Bulan

Gaji apoteker industri--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apa itu apoteker industri? Segini gaji yang diterimanya per bulan.

Apoteker merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang memiliki banyak peminat. Profesi ini bisa bekerja di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan bidang industri. Lantas berapa gaji apoteker di industri?

BACA JUGA:H-1 Penutupan Pendaftaran CPNS, E-Materai Sulit Didapati, Ini Cara Mengatasinya

Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diincar oleh banyak mahasiswa lulusan farmasi. Dimulai dari proses pengabdian di bidang industri, lulusannya akan ditempatkan pada bagian research and development untuk menentukan formula, teknik pembuatan dan menentukan spesifikasi bahan baku pembuatan obat. 

Para pekerja di bidang farmasi industri menerima kisaran gaji mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulannya.

Di samping itu, pendapatan tersebut bisa saja bertambah apabila membuka usaha jasa konsultasi tentang obat-obatan. Dengan jenis usaha ini, para apoteker bisa menentukan tarif konsultasi sebesar Rp 50 ribu per pasien dalam sehari.

Apa yang dilakukan apoteker industri?

Industri farmasi memainkan peran penting dalam pengembangan, produksi, dan distribusi obat-obatan yang menyelamatkan jiwa. Inti dari proses kompleks ini adalah apoteker industri, seorang profesional berketerampilan tinggi yang menggabungkan keahlian ilmiah dengan pengetahuan manufaktur.

BACA JUGA:4 Remaja Jadi Tersangka Pembunuhan dan Pemerkosaan Siswi SMP di Kuburan Cina, Ini Motifnya

Memahami Peran Apoteker Industri

Kita semua mengenal apoteker yang menyediakan obat di apotek beserta informasi yang diperlukan tentang cara menggunakan obat tersebut. 

Namun apoteker industri berbeda, mereka adalah profesional farmasi yang bekerja di fasilitas manufaktur, menjembatani kesenjangan antara penelitian dan produksi. 

Mereka memiliki keahlian unik yang menggabungkan ilmu farmasi, pengendalian kualitas, dan kepatuhan terhadap peraturan. Berikut adalah aspek-aspek kunci dari peran mereka:

1. Formulasi dan Pengembangan Obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: