Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Ajukan Pinjaman di Pegadaian dengan Jaminan BPKB Motor

Begini Cara Ajukan Pinjaman di Pegadaian dengan Jaminan BPKB Motor

Cara ajukan pinjaman di Pegadaian jaminan BPKB Motor--

Hal yang perlu diketahui, nilai pinjaman yang diberikan tidak akan sama persis dengan harga beli baru atau harga pasar saat ini. Biasanya hanya sekitar 60-80 persen dari nilai kendaraan.

Hal ini berisiko membuat kamu kekurangan dana kalau ternyata jumlah pinjaman yang disetujui lebih kecil dari jumlah yang kamu butuhkan.

BACA JUGA:Modal Usaha Melalui Pinjaman KUR BCA September 2024, Begini Cara Dapat Pinjaman Rp 50 Juta

2. Kehilangan Hak Milik Motor

Risiko selanjutnya adalah Anda bisa kehilangan hak milik kendaraan kalau sampai tidak mampu membayar dan melunasi cicilan sesuai kesepakatan.

Sejak awal, perjanjian pinjaman memang sudah mengatur bahwa pihak kreditur berhak mengambil alih dan menjual kendaraan yang Anda jaminkan kalau sampai gagal melunasi utang.

Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan Anda selalu membayar cicilannya tepat waktu sesuai perjanjian.

BACA JUGA:Cara Daftar Ojol Airasia dan Lalamove, Penghasilan Tembus Rp 20 Jutaan Per Bulan

3. Denda dan Bunga Tinggi

Perlu dipahami bahwa keterlambatan pembayaran cicilan bisa mengakibatkan denda dan bunga yang tinggi. Tentu saja ini akan membuat beban keuangan Anda semakin berat dan semakin sulit untuk melunasinya.

Oleh karena itu, sebelum menandatangani surat perjanjian pinjaman dengan pihak kreditur, Anda harus memperhatikan hak dan kewajiban masing-masing pihak.  

BACA JUGA:Cek Update Bunga Pinjaman KUR BRI September 2024, Plafon Rp 25 Juta Angsuran Rp 500 Ribuan

4. Berdampak Buruk pada Skor Kredit  

Lembaga keuangan seperti bank maupun perusahaan fintech memiliki akses ke sebuah sistem milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bernama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Melalui sistem ini, kreditur bisa memeriksa histori keuanga Anda. Apakah Anda pernah tidak melunasi pinjaman, terlambat membayar, atau memiliki catatan buruk lainnya. Temuan-temuan seperti ini bisa menurunkan skor kredit sehingga pengajuan pinjaman bakal lebih sulit atau bahkan ditolak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: