Iklan dempo dalam berita

Dalam Perjalanan Ingin Sholat, Berikut Cara Mudah Mencari Arah Kiblat

Dalam Perjalanan Ingin Sholat, Berikut Cara Mudah Mencari Arah Kiblat

Ilustrasi. Kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah mencari arah kiblat sholat--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COMSholat lima waktu merupakan kewajiban bagi umat Islam. Dalam berbagai kondisi seorang umat diminta menjaga kewajibannya tersebut. 

Bahkan agama Islam sampai mengatur tata cara sholat ketika dalam medan pertempuran. Hal ini menandakan betapa pentingnya sholat lima waktu tersebut.

BACA JUGA:Mobil Pick Up Masuk Jurang di Liku Sembilan, Ini Penyebabnya

Menunaikan sholat tentu saja dengan berbagai aturan. Diantaranya harus menghadap ke arah kiblat. Namun ada kalanya kita kesulitan menentukan arah kiblat. Hal ini bisa terjadi ketika dalam perjalanan.

Di Indonesia, arah shalat ini sekitar barat laut atau umumnya pada arah terbenamnya Matahari. Untuk menentukan arah kiblat dengan sempurna bisa menggunakan alat seperti kompas atau penunjuk angin. 

BACA JUGA:KUR Mandiri, Pinjaman hingga Rp 500 Juta, Suku Bunga Mulai 3 Persen

Namun sekarang sudah banyak kecanggihan teknologi yang bisa membantu kita mencari arah kiblat. Dikutip dari CNBC Indonesia, berikut ada beberapa aplikasi di handphone yang bisa digunakan untuk mencari arah kiblat.

1. Muslim Pro Al Quran Sholat

Muslim Pro memiliki fitur penunjuk arah kiblat. Selain juga fitur lain seperti penunjuk waktu salat, Al-Quran, tajwid berwarna, dan tasbih digital. Aplikasi ini juga punya sekitar 14 bahasa terjemahan, termasuk bahasa Indonesia.

Pengguna akan diminta sejumlah data seperti lokasi dengan jaringan dan GPS, penyimpanan foto atau media, nomor HP dan identitas pelengkap lain untuk menggunakan aplikasi ini. Muslim Pro sudah bisa didownload bagi pengguna HP Android maupun iOS.

BACA JUGA:Berbeda dengan Tahun Lalu, Berikut Bunga KUR BRI Tahun Ini

2. Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR

Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR. Untuk menggunakannya sebagai penunjuk arah kiblat harus menjaga jarak HP dengan perangkat elektronik lain, dengan begitu bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Fitur lain yang ada dalam aplikasi adalah waktu salat, Al-Quran beserta terjemahannya, menunjukkan lokasi masjid terdekat, siaran langsung Kaaba TV, kumpulan hadis serta asmaul husna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: