Iklan dempo dalam berita

Terbaru, Segini Biaya Tes DNA di Rumah Sakit, Ini Sederet Manfaatnya

Terbaru, Segini Biaya Tes DNA di Rumah Sakit, Ini Sederet Manfaatnya

Biaya Tes DNA di Rumah Sakit --

Uji genetik yang dilakukan secara runtut dapat menunjukkan hasil pengujian yang lebih akurat.

Itu sebabnya, tak hanya biaya tes DNA di rumah sakit yang perlu diriset, kamu harus mengetahui tahapan-tahapan tes DNA. Ada beberapa tahapan tes DNA yang harus dilalui seseorang, diantaranya:

1. Pengambilan Sampel

Pengambilan sampel DNA adalah tahap awal yang harus dilakukan sebelum melakukan uji genetika. Sampel yang digunakan bisa berupa liur, darah, atau cairan tubuh. Sampel yang terkumpul nantinya akan dianalisa oleh ahli genetika di laboratorium.

2. Ekstraksi Sel

Sampel yang sudah dikumpulkan nantinya akan diekstraksi. Langkah ini dilakukan dengan memecah membran inti sel menggunakan enzim. Langkah ini dapat dilakukan pada tabung yang steril dan tidak terkontaminasi materi genetik apapun.

BACA JUGA:Tak Sembarangan, Begini Cara Mengganti Nama Anak Dalam Islam Menurut Buya Yahya

3. Pemisahan DNA

Setelah melakukan ekstraksi sel, langkah selanjutnya melakukan pemisahan DNA. Metode yang paling umum digunakan untuk melakukan pemisahan DNA adalah metode elektroforesis dengan menggunakan medan listrik untuk mengurutkan molekul dalam sampel.

4. Penyalinan DNA

Tahap selanjutnya dalam proses tes DNA adalah penyalinan DNA. DNA yang tersalin nantinya akan digunakan untuk materi uji penanda genetik. Proses ini terbagi menjadi tiga proses, yakni denaturasi, annealing, dan ekstensi.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Pilih Naik Innova Zenix saat di Indonesia, Ternyata Ini Alasannya

5. Pengujian DNA

Lalu, dilakukan pengujian materi genetik dengan mencari penanda genetik dalam DNA yang dapat mengidentifikasi hubungan. Dalam tes ini akan diteliti sebanyak 16-21 penanda genetik yang lebih spesifik.

6. Pembandingan DNA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: