Iklan dempo dalam berita

Penting Dipahami, Ini Pengaruh Mengganti Nama, Bisa Berimbas Pada Ijazah Sekolah

Penting Dipahami, Ini Pengaruh Mengganti Nama, Bisa Berimbas Pada Ijazah Sekolah

Dampak Hukum jika Mengganti Nama--

Hak untuk mengganti nama diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah mengalami perubahan melalui Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013.

Undang-undang ini mengatur berbagai alasan yang memungkinkan seseorang untuk mengajukan permohonan perubahan nama, mulai dari alasan pekerjaan, penambahan nama belakang atau marga, hingga untuk mempermudah administrasi.

Mengganti nama juga dapat dilakukan untuk alasan pribadi atau keyakinan tertentu yang dianggap dapat membawa keberuntungan atau mencerminkan identitas yang lebih sesuai.

BACA JUGA:Kepala Sekolahku Ternyata Jadi Suamiku, Begini Awal Mula Kisah Cinta Beda Usia 21 Tahun

Kegiatan mengganti nama adalah salah satu peristiwa penting dalam administrasi kependudukan yang harus diajukan melalui Pengadilan Negeri.

Peristiwa penting yang diatur dalam undang-undang ini mencakup kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, dan perubahan nama.

Ketentuan hukum tentang mengganti nama diatur dalam Pasal 52 ayat (1), (2), dan (3) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006, dengan peraturan lebih lanjut diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

BACA JUGA:Berapa Biaya Tes DNA di Indonesia? Segini Uang yang Perlu Disiapkan, Simak Prosedurnya

Kewajiban Setelah Mengganti Nama

Setelah melakukan perubahan nama, terdapat kewajiban yang harus dipenuhi terkait dengan pembaruan dokumen-dokumen resmi.

Kewajiban ini meliputi penyesuaian nama pada dokumen penting seperti akta kelahiran, kartu keluarga (KK), KTP, paspor, ijazah, dan dokumen pendidikan lainnya.

Proses ini melibatkan administrasi di berbagai lembaga pemerintah untuk memastikan bahwa semua dokumen mencerminkan nama yang baru dan konsisten dengan putusan Pengadilan Negeri.

Perubahan nama yang tidak diikuti dengan pembaruan dokumen-dokumen resmi dapat menyebabkan masalah administratif dan hukum di kemudian hari.

BACA JUGA:Gagal Dampingi Chaidir Syam, Apa Penyebab Bakal Calon Bupati Maros Tak Lolos Tes Kesehatan?

Oleh karena itu, penting bagi individu yang telah mengganti nama untuk memastikan bahwa semua dokumen penting diperbarui sesuai dengan nama baru mereka untuk menghindari komplikasi di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: