Iklan dempo dalam berita

5 Cara Memilih Velg Mobil yang Bagus dan Berkualitas, Jangan Asal Beli

5 Cara Memilih Velg Mobil yang Bagus dan Berkualitas, Jangan Asal Beli

Cara memilih velg bagus dan berkualitas--

Sebagai orang awam, kita pun bisa loh mengetahui kualitas dan kekuatan velg dari suaranya. Caranya, kamu bisa menggantung velg dengan karet, kemudian pukul bagian velg menggunakan obeng.

Dengarkan dengan seksama, jika bunyinya halus dan bertahan lama, itu artinya velg tersebut memiliki kualitas yang bagus. 

Namun, jika suara velg dengungnya keras dan tidak lama, bisa dibilang kualitas velg tersebut buruk. Jadi, sebaiknya jangan dipilih.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Mobil LCGC Bekas dengan Harga Terbaik 2024

5. Perhatikan spesifikasi baut

Pada velg, ada yang menggunakan empat baut maupun 5 baut. Kamu pun perlu mempertimbangkan ukuran baut ini yang biasa dikenal dengan pitch circle diameter (PCD). PCD ini menandakan jarak antar lubang baut pada velg.

Biasanya, PCD akan ditulis dengan angka 4×100, 4×114,3, 5×114,3, dan 5×112. Angka 4 dan 5 di sini menandakan jumlah baut pada velg, dan angka 100, 114,3, serta 112 menentukan jarak diameter antar baut.

Saat akan mengganti velg, kamu juga perlu memperhatikan hal ini agar tidak mempengaruhi performa kaki-kaki mobil.

BACA JUGA:Berencana Beli Mobil? Ini Harga Daihatsu Sirion September 2024, Cek Spesifikasinya

Jenis-jenis velg mobil

Sebelum membeli velg mobil baru, kamu juga harus tahu beberapa jenis velg mobil berikut ini:

1. Velg mobil flow forming

Velg mobil flow forming ini memiliki bentuk yang ringan tetapi kuat serta bulat sempurna, sehingga balancing rodanya pun jadi bagus. 

Jenis velg flow forming ini juga dibuat dengan cara dicetak, kemudian dipanaskan dengan suhu yang ditentukan, sehingga materialnya lebih padat dan bagus.

Bisa dibilang, velg jenis ini banyak disukai oleh pengendara mobil karena kualitas yang bagus dan harganya pun terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: