Iklan dempo dalam berita

5 Rekomendasi Alat Pendeteksi Gempa yang Bisa Digunakan di Rumah, Hati-hati Megathrust

5 Rekomendasi Alat Pendeteksi Gempa yang Bisa Digunakan di Rumah, Hati-hati Megathrust

Alat Pendeteksi Gempa --

Selain memiliki alat pendeteksi, penting juga untuk mengetahui tindakan yang perlu dilakukan saat menghadapi gempa bumi. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

- Di Dalam Ruangan

Ketika gempa terjadi, segeralah berlindung di bawah meja atau di sudut ruangan yang kuat, seperti dinding. Hindari area di bawah benda-benda berat yang dapat jatuh. Jika sedang memasak, segera matikan kompor dan cari tempat aman untuk berlindung.

- Di Gedung Bertingkat

Tetap tenang dan menjauh dari jendela serta dinding luar. Cari tempat berlindung dan jangan menggunakan lift. Sebaiknya, gunakan tangga darurat untuk keluar dari gedung. Hindari berlindung di ruangan kecil dan sempit.

BACA JUGA:6 Cara Memilih Setrika yang Bagus, Jangan Lupa Cek Review Pengguna Lain!

- Di Perjalanan

Saat dalam perjalanan, berhenti di tempat aman dan nyalakan lampu hazard. Jauhkan kendaraan dari gedung, pohon tinggi, jembatan, dan tiang listrik. Pantau kekuatan gempa melalui sumber informasi terpercaya.

- Di Area Pegunungan

Hindari daerah yang berpotensi mengalami longsor. Cari tempat aman di area terbuka dan jauhi pepohonan tinggi yang dapat berpotensi roboh.

BACA JUGA:Spanduk Paslon Cakada Terpasang di Zona Terlarang, Kasat Pol PP Kepahiang Ancam Lakukan Ini

 Upaya Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi

Selain menggunakan alat pendeteksi, ada beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bencana gempa bumi:

1. Pembangunan Bangunan Tahan Gempa

Membangun atau merenovasi rumah dengan mempertimbangkan desain tahan gempa dapat mengurangi kerusakan yang mungkin terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: