Iklan RBTV Dalam Berita

Daftar 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Guncang Indonesia, Setara dengan Megathrust?

Daftar 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Guncang Indonesia, Setara dengan Megathrust?

Gempa Bumi --

4. Yogyakarta

Gempa bumi di Indonesia kembali mengguncang Pulau Jawa, yaitu Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah. Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 27 Mei 2006 pukul 05.55 WIB. 

Sejumlah bangunan mulai dari rumah warga, pusat perbelanjaan, situs kuno, dan lokasi wisata mengalami kerusakan yang parah. Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 dengan kedalam hingga 7,5 km ini menyebabkan 6.234 orang meninggal dunia. 

Gempa ini tercatat sebagai gempa terparah di Indonesia karena wilayah Indonesia berada di antara tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Pasifik, lempeng Australia, dan lempeng Eurasia. 

BACA JUGA:Kita Sudah Ditipu!!! Mitos Hujan Panas Ada Kuntilanak Melahirkan, Padahal Ini Sebabnya

5. Sumatera Barat

Pada 2009 terjadi gempa bumi di Sumatera Barat sekitar 50 km dari lepas pantai barat laut. Gempa bumi ini mengguncang Padang dengan kekuatan 7,6 Skala Richter kedalaman 87 km dari permukaan. 

Gempa ini mengakibatkan banyak kerugian dari segi material yang meruntuhkan 279.000 bangunan dan korban jiwa sebanyak 1.115 orang meninggal dunia dan 2.329 mengalami luka-luka. 

Guncangan gempa ini dapat dirasakan hingga wilayah Jabodetabek bahkan negara tetangga, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

BACA JUGA:Daftar 10 Gempa Terparah yang Pernah Terjadi di Indonesia, Tewaskan Ratusan Ribu Orang

6. Palu

Pada 28 September 2018 silam, telah terjadi gempa besar di ibu kota Sulawesi Tengah di kawasan lembah Palu. Gempa ini berkekuatan 7,4 SR dan terjadi gempa susulan berulang kali. 

Episentrum gempa terletak di barat Kecamatan Sirenja, 26 km utara Donggala, dan 80 km barat laut Kota Palu dengan kedalaman 10 km. 

Gempa bumi ini mengakibatkan gelombang tsunami dengan ketinggian 1,5 m hingga 3 m di Kota Palu dan Donggala dan terjadi ombak susulan setinggi 6 meter. Peristiwa bencana alam ini memakan korban jiwa sebanyak 2.113, 4.612 orang luka-luka, dan 1.309 orang hilang.

Itulah daftar gempa terbesar yang pernah terjadi dan menjadi trauma bagi masyarakat acehIndonesia pada masa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: