Iklan RBTV Dalam Berita

Begini Cara 5 Mudah Melakukan Perawatan Sepeda Listrik agar Awet Pemakaiannya

Begini Cara 5 Mudah Melakukan Perawatan Sepeda Listrik agar Awet Pemakaiannya

Cara merawat sepeda listrik--

Biasanya, merawat rantai pada sepeda listrik ialah dengan memberikan pelumas. Untuk rantai sendiri memiliki dua pilihan pelumas, yaitu pelumas kering dan basah. 

Kedua jenis pelumas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelumas basah biasanya akan lebih awet dan tahan di segala kondisi, namun tampak dari rantai akan lebih kotor dan sering sekali meninggalkan noda jika tersentuh. 

Sedangkan untuk pelumas kering akan lebih bersih dan enak dipandang, namun pelumas kering memiliki kekurangan yaitu ketahanan yang sangat kurang dibanding dengan pelumas basah.

BACA JUGA:Sepeda Listrik Uwinfly D7S Dibekali Fitur Canggih, Harganya Cuma Rp 3 Jutaan

3. Periksa Bagian Baterai

Bagian yang satu ini adalah komponen sepeda listrik yang khas sekaligus perlu sedikit perhatian ekstra. Sebab, baterai pada sepeda listrik berukuran cukup besar dengan daya yang tidak sedikit dan merupakan bahan yang mudah terbakar. 

Maka dari itu lebih baik jauhkan baterai dari jangkauan anak-anak, hindarkan baterai dari paparan matahari langsung secara terus menerus, dan jika ingin menyimpannya, pastikan ditaruh di tempat yang aman (tidak rawan jatuh/banjir).

Idealnya baterai pada pada sepeda listrik diisi setelah menggunakannya atau setidaknya jika daya baterai sudah mencapai 25%. Jangan biarkan baterai sepeda terkuras hingga habis karena akan mempengaruhi keawetan baterai. 

Selain itu, saat ingin memasang baterai pastikan dulu apakah konektor telah bersih dan tidak ada debu/kotoran yang menyangkut.

BACA JUGA:Cuma Rp 3 Jutaan! Ini Keunggulan Sepeda Listrik Lavios Viper, Cocok untuk Kamu yang Ingin Keliling Healing

4. Bersihkan Sepeda Listrik Secara Teratur

Selanjutnya, menjaga kebersihan sepeda itu sangat penting. Tidak hanya agar sedap dipandang, namun sepeda listrik juga akan semakin awet jika keadaanya selalu bersih. 

Pasalnya jika sepeda kotor mungkin saja banyak partikel-partikel kecil yang masuk ke motor sepeda dan menghambat kinerja sepeda listrik. Namun saat membersihkan/mencuci sepeda terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Hindarkan komponen-komponen listrik dari air, biasanya dengan cara menutup jok serta mengambil baterai jika memang memungkinkan.

BACA JUGA:Keren Abis! Canggih dan Murah, Ini Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi Himo C20, Bisa Dilipat

5. Cek Kesehatan komponen-komponen kelistrikan

Nah yang terakhir, selain memperhatikan ban, rantai dan baterai, ternyata masih banyak komponen kelistrikan lainnya yang terdapat pada sepeda listrik, seperti dinamo, handle, panel, display, hingga controller. 

Beberapa bagian tersebut perlu juga mendapat perhatian ekstra yang tepat. Pengguna juga perlu untuk melakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan apakah komponen-komponen tersebut bekerja dengan baik semana mestinya. Jika perlu bawa sepeda ke tempat service sepeda listrik agar lebih yakin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: