Iklan RBTV Dalam Berita

Kabar Bahagia Bagi Petani Sawit di Seluma, Dana Peremajaan Sawit Rakyat Naik 100 Persen

Kabar Bahagia Bagi Petani Sawit di Seluma, Dana Peremajaan Sawit Rakyat Naik 100 Persen

Dana peremajaan sawit rakyat naik 100 persen--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Dana peremajaan sawit rakyat (PSR) atau replanting kelapa sawit meningkat 100 persen atau dua kali lipat dari sebelumnya, yakni dari Rp 30 juta per hektare menjadi Rp 60 juta per hektarnya.

BACA JUGA:Aneh tapi Nyata, Pohon Sukun Keluarkan Semburan Api, Kok Bisa?

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial yang mengatakan peningkatan dana PSR ini mulai berlaku pada awal September 2024 lalu, yang ditetapkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sudah mengumumkan awal September lalu, terkait adanya kenaikan dana replanting, per hektarenya bukan lagi Rp 30 juta melainkan Rp 60 juta," terang Arian Sosial.

BACA JUGA:Teror Harimau Sumatera di Bengkulu Utara, 2 Ekor Sapi dan Anjing Dimangsa

Lanjutnya, kenaikan 100 persen dana replanting kelapa sawit ini dikarenakan pertimbangan adanya kenaikan harga bibit unggul kelapa sawit bersertifikat, pupuk dan biaya operasional lainnya.

Bantuan yang diterima bulan berbenah uang, namun berbentuk sarana penunjang program PSR selama masa tanam

"Dana replanting ini naik 2 kali lipat, pastinya ada pertimbangannya yang menjadi kajian BPDPKS, mulai persiapan lahan, penyiapan bibit bersertifikat, pupuk, maupun biaya operasional pengolahan lahannya," tambahnya.

BACA JUGA:Bantuan Beras 10 Kg di Bengkulu Utara Disalurkan, Ini Jadwal per Kecamatan

Kendati demikian, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma yang menargetkan 1.500 hektare lahan replanting di tahun ini, progresnya baru seluas 300 hektare, yang terbagi Gapoktan di Ilir Talo Desa Penago 2, dan wilayah Talo Kecil Desa Batu Balai, serta untuk koperasi ada dari wilayah Seluma Barat.

"Kita menargetkan 1.500 hektare, progresnya sekarang baru 300 hektare, di 3 titik mencakup Gapoktan di Ilir Talo, dan wilayah Talo Kecil, serta untuk koperasi ada dari wilayah Seluma Barat," tuturnya.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Anak Ikut Geng Motor

Adanya peningkatan dana replanting ini, memberikan angin segar bagi para petani yang mengikuti program peremajaan kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: