Iklan RBTV Dalam Berita

Dua Lembaga Tinggi RI Dipimpin Orang Bengkulu, Puan Maharani Ketua DPR RI, Sultan B Najamudin Ketua DPD RI

Dua Lembaga Tinggi RI Dipimpin Orang Bengkulu, Puan Maharani Ketua DPR RI, Sultan B Najamudin Ketua DPD RI

Puan dan Sultan, Ketua DPR serta DPD yang memiliki darah Bengkulu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMDua lembaga tinggi RI dipimpin orang Bengkulu, Puan Maharani KEtua DPR RI, Sultan B Najamudin Ketua DPD RI.

Dua sosok penting di kancah politik nasional kini memimpin dua lembaga tinggi negara, yakni Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. 

Yang menarik, keduanya memiliki latar belakang yang sama, sama-sama memiliki darah Bengkulu. Seperti diketahui, Puan Maharani merupakan cucu dari Fatmawati, istri Presiden Soekarno yang berasal dari Bengkulu.

BACA JUGA:Waduh! Sound Horeg di Acara Karnaval Bikin Kaca Mobil Ini Pecah

Sementara Sultan B Najamudin, tokoh nasional yang lahir di Desa Anggut, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sepanjang hari Selasa (1/10), setelah dilakukan pelantikan langsung dilakukan pemilihan unsur pimpinan DPR dan DPD. Untuk DPR RI, PDI Perjuangan yang menjadi pemenang pemilu menunjuk Puan Maharani sebagai Ketua.

Sedangkan untuk pemilihan Ketua DPD RI dilakukan secara voting, hingga akhirnya terpilih Sultan B Najamudin. 

Sultan Sultan Bachtiar Najamudin Ketua DPD RI

Sultan Bachtiar Najamudin terpilih dalam Sidang Paripurna Pemilihan Pimpinan DPD RI yang dilangsungkan pada Rabu dini hari, 2 Oktober 2024, di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.

BACA JUGA:Simulasi Angsuran Toyota Calya 2024, DP Mulai Rp 5 Juta dan Bisa Dicicil 60 Bulan 

Dalam pemungutan suara yang diikuti oleh 151 anggota DPD RI, Sultan mengumpulkan 95 suara, mengalahkan La Nyalla Mattalitti, mantan Ketua DPD RI, yang meraih 56 suara. 

Larasati Moriska, Wakil Ketua sementara DPD RI, mengumumkan hasil tersebut dengan menyatakan bahwa Sultan Bachtiar Najamudin sah terpilih sebagai Ketua DPD RI yang baru.

Proses pemungutan suara ini berlangsung dengan mekanisme paket, di mana Sultan terpilih bersama tiga Wakil Ketua DPD RI lainnya, yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. 

Sementara itu, La Nyalla Mattalitti yang juga maju sebagai calon Ketua DPD RI, tidak berhasil dalam pemilihan ini. 

La Nyalla maju bersama Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muh Ihsan sebagai calon Wakil Ketua, tetapi paket mereka tidak berhasil mendapatkan dukungan mayoritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: