Iklan RBTV Dalam Berita

5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 5 manfaat tuak lontar untuk kesehatan, nomor 2 belum banyak yang tahu

Lontar termasuk buah dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang halus. Manfaatnya mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga meningkatkan imunitas tubuh.

BACA JUGA:Mengenal 4 Manfaat Tuak Kelapa untuk Kesehatan, Begini Proses Pembuatannya

Buah lontar atau Borassus flabellifer sekilas mirip dengan kolang-kaling. Namun, buah lontar memiliki rasa yang lebih asam dan manis dengan tekstur kenyal seperti jeli.

Buah lontar sempat menjadi buahan viral beberapa waktu lalu, hal ini lantaran banyak kalangan artis yang mereview buah segar tersebut.

Namun, tahukah kalian jika ternyata pohon lontar juga bisa diubah menjadi minuman beralkohol seperti tuak? Mari kita cari tahu!

BACA JUGA:Berikut Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tuak lontar, minuman beralkohol ringan tradisional dari Sri Lanka Utara, secara populer disebut sebagai 'tuak'. Tuak diperoleh melalui fermentasi alami nira manis dari pohon lontar (Borassus flabellifer L).

Proses pengolahan tuak berlangsung cukup panjang yang diawali dengan proses penyadapan air dari tanaman siwalan tersebut.

Air hasil sadapan tersebut akan dicampur dengan kulit pohon sebagai bahan yang membantu proses fermentasi sehingga menghasilan minuman yang disebut tuak.

Adanya proses fermentasi tersebutlah yang menjadikan tuak memiliki kandugan alkohol dan menjadikan beberapa manfaat air nira berkurang dan hilang.

BACA JUGA:Bersiap Lawan Timnas Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini Daftar Pemain Bahrain

Manfaat Tuak Lontar

Minuman tuak lontar tentu tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman biasa namun berkembang dengan berbagai manfaatnya yang dipercaya oleh masyarakat.

Berikut beberapa manfaat tuak lontar dalam penjelasan yang diantaranya seperti:

1. Menghangatkan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: