Iklan RBTV Dalam Berita

8 Tips Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat, Yuk Coba

8 Tips Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat, Yuk Coba

Tips Mengumpulkan Dana Darurat --

Hal-hal yang kurang bermanfaat misalnya seperti berbelanja, nongkrong, atau hal tidak begitu penting lainnya.

Nah, salah satu cara cepat untuk mengumpulkan dana darurat adalah mulai mengurangi melakukan hal-hal tersebut. Dengan begitu, kamu bisa jauh lebih menghemat pengeluaran bulanan sehingga dapat disisihkan ke dalam dana darurat.

BACA JUGA:5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

3. Memetakan pengeluaran bulanan

Dalam menyiapkan dana darurat ideal, langkah berikutnya yang harus kamu laksanakan adalah memetakan pengeluaran bulanan. Tujuannya agar kamu bisa mengetahui seberapa banyak uang yang kamu butuhkan setiap bulannya.

Cara mengumpulkan dana darurat satu ini dapat kamu lakukan dengan cara memetakan pengeluaran tetap seperti biaya pajak, asuransi, kesehatan, perumahan, transportasi, dan juga pengeluaran tidak tetap lainnya.

Tentunya hal ini disesuaikan dengan status kamu saat ini apakah sudah menikah atau belum.

BACA JUGA:5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

4. Memahami kondisi keuangan terkini

Cara mengumpulkan dana darurat berikutnya adalah dengan memahami kondisi keuangan terkini. Memahami berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran kamu setiap bulannya.

Lalu, mengetahui cashflow kamu saat ini, sehingga kamu tahu berapa jumlah dana yang bisa disisihkan untuk menyiapkan dana darurat.

Kamu juga bisa membuat pembukuan atau mencatat cashflow keuanganmu secara khusus agar lebih mudah.

Selain berfungsi untuk mengontrol pengeluaran apa saja yang penting dan tidak penting, hal ini juga sebagai salah satu cara mengumpulkan dana darurat dengan efektif.

BACA JUGA:Fashion Stylist Tuai Kecaman, Mahasiswi Ini Pakai Baju Batik Model Crop Top saat Peringatan Hari Batik

5. Mengukur waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana darurat

Cara mengumpulkan dana darurat berikutnya adalah mengukur waktu yang diperlukan untuk menyiapkan dana tersebut. Apalagi, tentunya kamu memiliki prioritas lain terkait keuangan seperti tabungan, investasi dan dana pensiun.

Maka dari itu, perlu adanya penetapan target agar kamu bisa dengan konsisten dalam mencapai target terkumpulnya dana darurat.

6. Melakukannya secara perlahan namun konsisten

Seperti peribahasa, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Jika kondisi keuangan kamu mengalami peningkatan, kamu perlu menyisihkannya setiap bulan hingga target dana darurat tercapai di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: