Iklan RBTV Dalam Berita

Sebagian Daerah Sudah Diguyur Hujan, Kapan Musim Hujan di Aceh? Cek Prediksi BMKG

Sebagian Daerah Sudah Diguyur Hujan, Kapan Musim Hujan di Aceh? Cek Prediksi BMKG

Kapan musim hujan di Aceh menurut prediksi BMKG--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sebagian daerah sudah turun hujan, kapan musim hujan di Aceh tiba? Cek prediksi BMKG.

Baru-baru ini sebagian daerah di Indonesia mulai turun hujan dengan intensitas beragam, hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat di Aceh, apakah musim hujan diwilayahnya segera tiba?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri memperkirakan, musim hujan di Aceh diperkirakan akan dimulai pada bulan Oktober 2024.

Dan puncak musim hujan di wilayah barat Indonesia, termasuk Aceh, akan terjadi pada bulan November hingga Desember.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Sumatera Barat? Simak Prediksi Awal Puncaknya dari BMKG

Kabar menariknya lagi, terbaru ini BMKG menyampaikan prediksi sejumlah wilayah di Indonesia bakal dilanda hujan, mulai hari ini Sabtu (5/10/2024) hingga besok Minggu (6/10/2024).

BMKG menyampaikan, beberapa hari terakhir, berbagai wilayah di Indonesia mengalami cuaca terik yang menjadi ciri khas masa peralihan antara musim kemarau dan musim penghujan. 

“Cuaca panas ini cenderung terjadi pada pagi hingga siang hari, disertai kemungkinan terjadinya hujan di waktu lainnya, termasuk sore atau malam,” tulis BMKG, dalam keterangan resminya.

Hujan pada masa peralihan ini biasanya tidak merata, dengan intensitas sedang hingga lebat, dan berlangsung dalam durasi singkat.

BACA JUGA:Kapan Puncak Musim Hujan di Riau 2024-2025? Cek Penjelasan dari BMKG Berikut

BMKG juga menyebutkan, kondisi atmosfer yang labil beberapa waktu tetakhir meningkatkan potensi terbentuknya awan konvektif seperti Cumulonimbus.

Awan Cumulonimbus terkadang juga memicu cuaca ekstrem seperti kilat, petir, angin kencang, bahkan hujan es.

Dalam menghadapi cuaca yang terik dan potensi hujan yang masih dapat terjadi dalam beberapa hari ke depan, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada. 

“Hujan lebat dalam durasi singkat dapat terjadi kapan saja dan berpotensi disertai petir serta angin kencang,” jelas BMKG. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: