Iklan RBTV Dalam Berita

Dukhan Tanda Kiamat, Keterangan Para Imam dan Kajian Sains

Dukhan Tanda Kiamat, Keterangan Para Imam dan Kajian Sains

ilustrasi dukhan salah satu tanda kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tanda Kiamat yang lain yang banyak dibahas yakni dukhan. Imam Al Qurthubi menjelaskan penafsiran tentang dukhan melalui tiga pendapat.

 

Pertama, dukhan diartikan sebagai salah satu tanda hari kiamat yang belum terjadi. Pendapat ini disampaikan oleh Ali Ibnu Abbas, Ibnu ‘Amr, Abu Hurairah, Zaid bin Ali, Al Hasan, dan Ibnu Abi Mulaikah.

 

BACA JUGA:Ya'juj dan Ma'juj Salah Satu Tanda Kiamat, Siapa Mereka?

Pendapat kedua menjelaskan dukhan merupakan khayalan yang menimpa kaum Quraisy ketika mengalami kelaparan ekstrem. Sehingga orang-orang di zaman itu seperti melihat dukhan (kabut asap) di atara langit dan bumi. Pendapat ini disampaikan oleh Ibu Mas’ud.

 

Pendapat dukhan yang ketiga adalah pendapat dari Abdurrahman Al A’raj. Menjelaskan dukhan adalah debu yang mengepul di hari Fathu Mekah, sehingga dapat menutupi langit. 

 

BACA JUGA:Gerhana Penumbra 5 Mei 2023, Bulan Terlihat Suram Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia

Dari beberapa pendapat tersebut, dapat dipahami bahwa dukhan bisa menjadi penampakan berupa kabut atau debu yang mengepul, yang akan muncul sebagai tanda hari akhir kelak.

 

Dukhan atau ad-Dukhan disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani bahwa Rasulullah SAW menerangkan dukhan akan datang bersanding dengan bahaya Dabbah (semacam binatang melata yang keluar dari perut bumi dan memangsa manusia dan Dajjal. Tanda-tanda ini merupakan beberapa tanda besar hari kiamat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: