Iklan RBTV Dalam Berita

Kata Gus Baha, Sedekah Model Begini Malah Jadi Riba dan Berdosa

Kata Gus Baha, Sedekah Model Begini Malah Jadi Riba dan Berdosa

Kata Gus Baha, Sedekah Model Begini Malah Jadi Riba dan Berdosa--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kata gus-baha, sedekah model begini malah jadi riba dan berdosa.

Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang memberikan banyak manfaat. Tak hanya manfaat untuk penerimanya saja, melainkan untuk pemberi sedekah.

Lebih dari sekadar berbagi harta, sedekah merupakan cara berbagi kebahagiaan kepada orang-orang yang membutuhkan.  Sedekah juga merupakan cerminan keimanan, rasa syukur, dan kepedulian terhadap sesama.

BACA JUGA:Kata Gus Baha Sedekahlah saat Masih Miskin, Kalau Sudah Kaya Berat, Begini Kiasannya

Sebagaimana disebutkan dalam beberapa Ayat Alquran Surat Al Baqarah ayat 261, Allah SWT, berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui."

Sedekah yang Menjad Riba Kata Gus Baha

KH. Ahmad Bahauddin Nusalim atau Gus Baha menerangkan tentang  sedekah  yang dalam agama islam banyak mendatangkan manfaat untuk yang memberi.

BACA JUGA:Kata Gus Baha Kalau Sedekah Gak Usah Banyak-banyak, Lah Kok?

Sedekah sendiri dalam islam, kata Gus Baha, berasal dari kata shadaqah. dalam Bahasa arab memiliki arti mengamalkan atau menginfakan harta di jalan Allah.

Namun, lanjut Gus Baha, kegiatan sedekah dalam islam ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin.

Tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Yang harus diperhatikan umat muslim ujar Gus Baha, ketika kita memberi sedekah dengan mengharap imbalan lebih banyak itu sangat dilarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: