Iklan RBTV Dalam Berita

Catat Jadwalnya, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Lancang Kuning di Riau 2024 Selama 14 Hari

Catat Jadwalnya, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Lancang Kuning di Riau 2024 Selama 14 Hari

Operasi Zebra 2024--

Langkah-langkah edukasi dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, tidak hanya demi terhindar dari sanksi, tetapi juga demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Siloam Hospital Group Tahun 2024, Ini Posisi dan Kualifikasinya

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kepulauan Meranti, AKP Fajri Sentosa, menyampaikan bahwa terdapat beberapa pelanggaran yang menjadi fokus utama dalam Operasi Zebra Lancang Kuning 2024. 

Pelanggaran-pelanggaran ini sering kali menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas dan kerugian di jalan raya. 
Di antara pelanggaran yang akan diawasi dengan ketat oleh petugas antara lain adalah pengendara sepeda motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, serta pengemudi yang tidak mengenakan sabuk pengaman atau safety belt.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Stok Persedian Logistik Darurat BPBD Seluma Menipis dan Kadaluarsa

Selain itu, pelanggaran seperti pengemudi yang berkendara di bawah pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, melebihi batas kecepatan yang ditetapkan, dan penggunaan knalpot bising yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis juga menjadi sasaran utama operasi ini. 
“Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas, demi menciptakan situasi yang aman dan nyaman, terutama selama periode pesta demokrasi,” ujar AKP Fajri Sentosa.

BACA JUGA:Kronologi dan Awal Mula yang Membuat Kejari Seluma Tahan Mantan Bupati, Sekda, Ketua DPRD dan Kepala ATR/BPN

Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 akan dilaksanakan di berbagai titik strategis di Kepulauan Meranti, terutama di kawasan yang dianggap rawan pelanggaran dan kecelakaan. 
Dengan adanya operasi ini, diharapkan dapat tercipta suasana lalu lintas yang tertib dan aman, tidak hanya untuk pengendara kendaraan bermotor tetapi juga untuk semua pengguna jalan.

Seiring dengan dilaksanakannya operasi ini, masyarakat dihimbau untuk lebih memperhatikan peraturan lalu lintas yang berlaku.
Pemakaian helm SNI bagi pengendara sepeda motor, penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi mobil, dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara menjadi hal-hal yang wajib diperhatikan selama Operasi Zebra berlangsung. 

BACA JUGA:Catat! Ini Syarat Pinjaman BRI untuk Karyawan Tanpa Jaminan

Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 tidak hanya berfungsi sebagai penegakan hukum, tetapi juga sebagai upaya bersama dalam mewujudkan keselamatan di jalan raya. 

Masyarakat Kepulauan Meranti diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam operasi ini dengan selalu patuh terhadap peraturan lalu lintas dan menjaga keselamatan diri serta pengguna jalan lainnya.

 

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: