Iklan RBTV Dalam Berita

Sayang Dilewatkan, Ini 4 Fenomena Langit di Bulan Oktober 2024, Salah Satunya Terjadi di Malam Ini

Sayang Dilewatkan, Ini 4 Fenomena Langit di Bulan Oktober 2024, Salah Satunya Terjadi di Malam Ini

Fenomena Langit di Bulan Oktober --

- Hujan Meteor Draconid - 7 Oktober

Sama seperti gerhana cincin, hujan meteor draconid juga sudah berlangsung pada 7 Oktober lalu.

Hujan meteor draconid terjadi ketika objek langit meteoroid terbakar saat memasuki atmosfer Bumi. Objek tersebut dapat berasal dari sisa komet atau asteroid yang yang juga mengorbit Matahari.

Draconid sendiri merupakan hujan meteor kecil yang hanya menghasilkan sekitar 10 meteor per jam yang berada di konstelasi Draco.

Hal ini dihasilkan oleh butiran debu yang ditinggalkan oleh komet 21P Giacbini-Zinner, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1900.

Draconid adalah hujan yang tidak biasa karena pemandangan terbaik adalah pada sore hari, bukan dini hari seperti kebanyakan hujan lainnya. Hujan ini terjadi setiap tahun pada tanggal 6-10 Oktober dan untuk tahun ini puncaknya adalah pada malam tanggal 7 Oktober.

BACA JUGA:Waspada! Pelaku Begal Payudara Beraksi Pakai Jaket Ojol, Ibu-ibu Bawa Stroller Bayi Jadi Korban

- Bulan Purnama, Supermoon - 17 Oktober

Supermoon akan berlangsung malam ini 17 Oktober, bulan akan terletak di sisi berlawanan dari Bumi dengan Matahari dan wajahnya akan diterangi sepenuhnya.

Fase ini terjadi pada 11:28 UTC. Bulan purnama ini dikenal oleh suku-suku asli Amerika awal sebagai Bulan Pemburu karena pada saat ini daun-daun berguguran dan hewan buruannya gemuk serta siap berburu.

Bulan ini juga dikenal sebagai Travel Moon dan Blood Moon. Ini juga merupakan supermoon kedua dari tiga supermoon pada tahun 2024.

BACA JUGA:Heboh! Membawa Sajam, Gerombolan Orang Masuk ke Perumahan Sambil Kecam Warga

Supermoon bukanlah istilah astronomi yang sebenarnya, istilah in hanya cara untuk menggambarkan bulan yang tampak sedikit lebih dekat dari jarak biasanya.

Selama fenomena Supermoon terjadi, yakni seperti pada tanggal 17 Oktober 2024 nantinya, maka Bulan saat Bulan Purnama "Hunter's Moon" akan tampak sekitar 10 persen lebih besar daripada Bulan Purnama pada umumnya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa nama lain dari Bulan Pemburu adalah bulan Sanguin atau Bulan Darah, yang dikaitkan dengan darah akibat berburu atau perubahan warna dedaunan musim gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: