Iklan dempo dalam berita

6 Negara Pernah Jadi Bagian Indonesia, Nomor 3 Sekarang Terkaya di Asia

6 Negara Pernah Jadi Bagian Indonesia, Nomor 3 Sekarang Terkaya di Asia

Beberapa negara pernah menjadi bagian dari Indonesia--

Dikutip dari Jurnal Lektur Keagamaan dalam artikel berjudul Tumasik: Sejarah Awal Islam di Singapura (1200-1511 M), posisi Singapura dianggap strategis sebagai pusat perdagangan. Beberapa kerajaan yang sempat menguasainya adalah Sriwijaya sampai akhir abad ke-13 M, Majapahit sampai abad ke-14 M, Ayutthaya-Thailand pada abad ke-15 M dan Kesultanan Malaka hingga pendudukan Portugis 1511 M.

Sekarang Singapura termasuk salah satu negara terkaya di Asia berdasarkan PDB.

 

4. Malaysia

 

Sejumlah ahli sejarah juga menyebutkan bahwa Malaysia sempat dikuasai Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar dalam sejarah Indonesia. Penaklukan wilayah Malaysia terjadi pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa.

 

Dengan daerah kekuasaan yang luas, Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama yang sangat berpengaruh di dunia. Tak heran jika Sriwijaya kerap disebut Nusantara di masa lalu.

 

BACA JUGA:Ada Beasiswa Google Rp 37 Juta, Jika Tertarik Simak Informasi Berikut

5. Kamboja

 

Dikutip dari CNN Indonesia, Sriwijaya kembali berperan di masa penaklukan Kamboja. Catatan kekuasaan Sriwijaya di Kamboja diperoleh dari seorang pendeta bernama I Tzing yang sempat singgah di kerajaan tersebut.

 

Wilayah kekuasaan yang luas dan strategis memudahkan Sriwijaya menjual hasil alam dan sumber ekonomi lainnya, seperti kapur barus, kayu gaharu, cengkih, kayu cendana, pala dan kapulaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: