Iklan RBTV Dalam Berita

Waspada, Ini Modus Penipuan Terbaru 2024, Jangan Asal Buka Link

Waspada, Ini  Modus Penipuan Terbaru 2024, Jangan Asal Buka Link

Modus penipuan terbaru 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Waspada! Ini deretan modus penipuan terbaru 2024, jangan suka asal buka link.
Maraknya kasus kejahatan siber tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas masyarakat di internet, baik untuk berbelanja online hingga urusan perbankan.
Penipuan bisa menimpa siapa saja, oleh karena itu masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan agar tidak masuk dalam perangkap para pelaku. 

BACA JUGA: Mobil LCGC Diamuk Massa, Kabur dari SPBU Tak Bayar BBM dan Tabrak Motor

Modus-modus penipuan terbaru ditahun 2024 ini:

1. Modus Paket Scam 

Modus Paket Scam adalah modus dimana setelah korban masuk perangkap, maka pelaku penipuan akan berusaha membujuk calon korban supaya memberikan informasi pribadi dan rahasia (KTP, nama Ibu kandung, CVV, masa berlaku Kartu Debit, OTP, PIN, dan password) dengan dalih konfirmasi pembatalan pemesanan. 
Oleh karena itu, kalian agar tetap tenang dan waspada dalam mengakses link yang didapatkan dari sumber tidak jelas. Jika memungkinkan, lebih baik diabaikan saja.

BACA JUGA:Siapkan Biaya Ratusan Juta, 8 TK ini Terkenal Mahal di Indonesia

2. Modus E-commerce Scam

Platform e-commerce selalu jadi andalan untuk mendapatkan barang yang diinginkan secara praktis dan dapat memberikan diskon atau promo menarik terutama pada periode tanggal cantik, hari besar keagamaan dan periode khusus lainnya.
Tapi ingat, kalian harus tetap berhati-hati! Ada saja pelaku-pelaku kejahatan yang sengaja menjebak melalui penjualan barang dengan harga murah namun ketika pembayaran berhasil dilakukan barang tidak dikirimkan dan penjual tersebut tiba-tiba raib. 
Jangan pernah berbelanja melalui online store yang tidak mempunyai kredibilitas yang baik. Sebelum melakukan pembelian terhadap suatu barang, baiknya untuk dicek mengenai rating atau review terlebih dahulu toko atau penjual tersebut dan perhatikan nomor rekening tujuan penerima sebelum melakukan transaksi.

BACA JUGA:Waspada Angin Kencang, Tenda Acara Pernikahan Ambruk Jelang Acara Sakral Dimulai

3. Modus Call Scam

Bila kalian mendapatkan panggilan telepon dari nomor tidak dikenal, maka berhati-hatilah. Ini bisa saja taktik dari penipu yang mengaku sebagai pegawai bank, kurir, instansi pemerintah, atau pihak lainnya yang berusaha meretas dan meminta data pribadi atau rahasia kalian seperti KTP, nama Ibu kandung, OTP, PIN, hingga password. 

Menyerupai modus paket scam, pelaku dengan teknik social engineering akan melakukan panggilan telepon dari nomor tidak dikenal. 
Ingat! Jangan pernah berikan informasi pribadi dan rahasia kepada siapapun, termasuk pegawai bank.

BACA JUGA:jadi Ladang Bisnis, Sopir dan Kernet Pengangkut Imigran Rohingya Ditangkap, Ngaku Terima Upah Rp1,5 Juta

4. Modus Undian Berhadiah 

Modus ini sebetulnya sudah tidak asing di Indonesia dimana pelaku akan menghubungi dan memberikan informasi bahwa calon kroban adalah pemenang undian berhadiah yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Kemudian, calon korban akan diminta untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya administrasi atau pajak. Ingat, jangan gegabah! Lakukan verifikasi penelepon melalui website resmi perusahaan dan lakukan konfirmasi pada nomor yang tertera di website tersebut.

BACA JUGA:BRI Raih Pertumbuhan Aset Wealth Management 23,05% dan Peningkatan Layanan untuk Nasabah Prioritas

5. Modus Scam Penggalangan Dana

Perlu dicatat, jika pelaku akan selalu menghalalkan segala cara untuk meraup keuntungan dari korbannya. Bahkan, banyak yang menyamar sebagai badan amal untuk menggalang dana. 

Ingat, tetap teliti! Tidak jarang ini hanya kedok penipuan jadi pastikan kalian untuk mengecek kredibilitas yayasan penggalang dana dan memastikan nama penerima jika melakukan donasi melalui QRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: