Iklan dempo dalam berita

Perbanyak Istighfar, Tahun Ini Indonesia Disapa 4 Kali Gerhana, Ini Jadwal Gerhana Penumbra

Perbanyak Istighfar, Tahun Ini Indonesia Disapa 4 Kali Gerhana, Ini Jadwal Gerhana Penumbra

Ilustrasi gerhana bulan penumbra--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disway.id/listtag/72/bmkg">BMKG) menyebutkan dalam tahun 2023 ini terjadi empat kali gerhana.

Diungkapkan Deputi Bidang Geofisika, BMKG Suko Prayitno Adi, pertama Gerhana Matahari Hibrid (GMH) tanggal 20 April 2023 lalu. Kemudian ada Gerhana Bulan Penumbra (GBP) tanggal 5-6 Mei 2023 yang juga dapat diamati dari Indonesia.

Selanjutnya Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada 14 Oktober 2023 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. Dan Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.

BACA JUGA:Pertanda Apalagi Ini? Ilmuwan Sampai Bingung Ada Susunan 19.000 Gunung Berapi Bawah Laut

Khusus Gerhana Bulan Penumbra akan menyapa Indonesia pada 5 Mei mendatang. Fenomena gerhana ini menjadi gerhana kedua yang dapat diamati di tanah air setelah Gerhana Matahari Hibrida pada 20 April lalu.

Gerhana Bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan. 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

“Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi," tulis BMKG di lamannya seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

BACA JUGA:Beruntung Sekali Suaminya, Ini 5 Tanggal Lahir Wanita yang Paling Setia dan Tidak Gila Harta

Akibatnya, ketika puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Gerhana Bulan Penumbra akan dimulai pada 5 Mei pukul 22.12 WIB dan berada di puncaknya pada 6 Mei pukul 00.22 WIB. Fenomena langit ini sendiri akan berakhir pada pukul 02.33 WIB, sehingga total durasi gerhana adalah 4 jam 21 menit 28 detik.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia sejak gerhana dimulai hingga berakhir.

Selain di Indonesia, fenomena ini dapat disaksikan di sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia.

BACA JUGA:Wow Pasti Pengen, Ini 5 Tanggal Lahir Paling Panjang Umur dan Sampai Tua Kaya Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: